Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Serang menggelar program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku atau vaksinasi PMK di Kota Serang, Banten, (27/6/2022).

Program yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota Serang bersama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten serta Kementerian Pertanian (Kementan) ini diadakan untuk menekan penyebaran virus PMK di wilayah itu.

Baca juga: Pemkot Tangerang membatasi masuk hewan ternak paling lambat 26 Juni

Adapun vaksinasi PMK perdana tersebut dilaksanakan di enam wilayah Kecamatan Kota Serang. Program ini menargetkan 100 dosis diberikan terakhir hari ini.

Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan Anjas Urip Santoso menyatakan saat ini  vaksinasi PMK sapi dan kerbau di wilayah Kota Serang sebanyak 100 ekor.

"Kita sudah melakukan vaksinasi dari kemarin, dan hari ini terakhir. Target vaksinasi PMK Kota Serang menyesuaikan bantuan vaksin dari Distan Provinsi Banten," ujarnya.

Adapun vaksinasi dilakukan langsung dilokasi peternak yang tidak  diperjualbelikan, karena akan dilakukan vaksinasi tahap kedua dan ketiga dengan jarak 6 bulan setelah 1 bulan vaksinasi tahap pertama

"Pemberian vaksinasi sebanyak 1 botol sebanyak 200 ml. Kita lakukan vaksinasi langsung ke peternak bukan lapak penjualan hewan, karena vaksinasi ini dilakukan hingga vaksinasi tahap ketiga pada ternak yang sama," terangnya.

Sesuai dengan arahan Kementerian Pertanian, kata Anjas, vaksin PMK akan diprioritaskan untuk populasi sapi.

 "Kita berharap dengan pemberian vaksin PMK ini benar-benar dapat menghentikan penyebaran virus PMK pada ternak di wilayah Kota Serang."

Pewarta: weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022