Jakarta (Antara News) - "UMB Career Fair" yang diikuti 27 perusahaan diharapkan dapat menyerap ribuan mahasiswa untuk menjadi pekerja.


Kepala "UMB Career Training Center" Wahyu Hari Haji di Jakarta, Sabtu, mengatakan, pemerintah menargetkan jumlah pengangguran pada tahun 2014 menurun menjadi 7,24 juta atau 6,03 persen dibandingkan jumlah pengangguran terbuka pada Agustus 2013, yakni 7,39 juta orang atau 6,25 persen.

Karena itu, untuk membantu program tersebut, Universitas Mercu Buana menggelar "Career Fair" sebanyak dua kali dalam setahun.

Perusahaan yang memerlukan tenaga kerja secara efisien, dapat bertemu langsung dengan calon kandidat di lokasi sehingga mengurangi biaya dari rekrutmen maupun pencari kerja sebab tidak perlu keliling perusahaan.

"Kita sediakan tempat untuk interview. Sehingga perusahaan bisa bertemu kandidat dan segera memutuskan calon kandidat tersebut diterima atau tidak. Hal ini sebagai efisiensi dan mengurangi beban biaya kedua pihak," ujarnya.

Ia menjelaskan, "Career Fair" digelar dua kali dalam setahun, yakni triwulan pertama dan keempat. Pada triwulan pertama, perusahaan yang ikut lebih banyak bisa mencapai 60 perusahaan sebab berkaitan dengan lulusan sekolah maupun kuliah.

"Pada akhir tahun seperti sekarang, jumlahnya tidak banyak sebab perusahaan pun banyak yang belum mengikuti lowongan kerja," ujarnya.

Wahyu berharap "Career Fair" yang digelar tanggal 28-29 November, dapat menjembatani para pencari kerja dan perusahaan serta sesuai kualifikasi. Kegiatan ini tidak dipungut biaya dan boleh diikuti oleh masyarakat umum atau mahasiswa dari kampus lainnya.

Beberapa perusahaan yang ikut dalam "Career Fair", yakni periklanan, asuransi, desain interior, kontraktor, media, perbankan, retail, telekomunikasi, farmasi, manufactur, IT konsultan, distributor, pengembang dan lainnya.

Pantauan di lapangan, banyak mahasiswa dan masyarakat umum yang mendatangi "Career Fair" di Atrium Universitas Mercu Buana. Bahkan, ada juga pencari kerja dari luar Jakarta seperti Jawa Barat hingga Banten.

Rektor Universitas Mercu Buana, Arissetyanto Nugroho, mengemukakan, pihaknya juga menyediakan ruang interview bagi mahasiswa yang ingin mencari kerja di luar kegiatan tersebut.

 Ada 1.300 perusahaan yang telah menjalin kerja sama dan siap membantu mahasiswa dalam mencari kerja. "Perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, akan menginformasikan kepada kami dan kami memfasilitasi untuk adanya interview antara perusahaan dan pencari kerja," katanya. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014