Tangerang (AntaraBanten) - Prestasi Posyandu Tiara RW 08 Kelurahan Cibodas Baru, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, berhasil meraih prestasi mulai dari tingkat Kecamatan hingga Nasional.

Camat Cibodas, Boyke Ahmad Syafei mengatakan, prestasi posyandu Tiara diantaranya Juara I tingkat Kecamatan Cibodas, Juara I tingkat Kota Tangerang, Juara I tingkat Provinsi Banten dan Juara III Tingkat Nasional.

Prestasi yang didukung Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah dan mendapat apresiasi tersebut, akan terus ditingkatkan. 

Boyke menuturkan, saat ini sudah ada dua posyandu yang aktif dan akan ditambah enam posyandu lagi pada tahun 2015 mendatang. Sehingga, seluruh kelurahan akan terdapat posyandu.

 "Sesuai dengan keinginan Wali Kota, tahun depan di setiap kelurahan akan dibuat posyandu dan memiliki prestasi seperti posyandu Tiara RW 08," ujarnya.

Meski Posyandu Tiara sudah mendapatkan prestasi, bukan berarti pelayanan bekurang tetapi harus terus ditingkatkan lagi.

Setiap kader posyandu diminta untuk meningkatkan kerjasama dengan masyarakat. Sebab, posyandu dapat dijadikan pusat musyawarah dengan masyarakat.

 "Posyandu bisa dijadikan gudang ilmu dan pusat informasi untuk para kader masyarakat melalui musyawarah," ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci, mengatakan, Posyandu Tiara sudah menjadi contoh bagi daerah lain seperti Sumatera Barat.

Kesuksesan Posyandu Tiara dalam menerapkan pelayanan ke masyarakat, menjadi patokan bagi daerah lainnya apalagi diimbangi dengan prestasi yang diraih.

Tak hanya itu saja, pihaknya pun meminta kepada posyandu lainnya di Kota Tangerang agar bisa mencontoh yang telah sukses. "Prestasi Posyandu Tiara di Kecamatan Cibodas menjadi rujukan bagi lainnya," ujarnya.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, menuturkan, keberadaan posyandu di setiap RW dapat digunakan untuk berkebun seperti pupuk organik.

Apalagi dengan kehidupan kota yang sarat individualistis, maka diharapkan adanya Posyandu dengan berbagai kegiatan yang dilakukan.

Ia mengatakan, terdapat 1.068 Posyandu aktif yang ada di Kota Tangerang. Namun, belum seluruhnya memiliki gedung. Ada sebagian yang menyelenggarakan kegiatan posyandu di rumah.

Pemkot Tangerang pun secara rutin membayarkan insentif kepada setiap kader dengan total Rp7,2 juta per tahun.

"Pemkot akan bangun gedung dan membeli tanahnya. Warga tinggal menunjukannya saja. Seluruh sarana juga akan dipenuhi," pungkasnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014