Tangerang (AntaraBanten) - Kantor Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan Statistik Kota Tangerang telah menyusun data dan analisa berkaitan dengan program unggulan Pemkot Tangerang mewujudkan sasaran investasi dengan Kota Tangerang Cerdas dan Layak Huni. Dari hasil penelitian, ada beberapa indikator pendukung yang menunjang demi terciptanya tujuan tersebut.

Kepala Seksi Litbang Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Kantor Litbang dan Statistik Kota Tangerang Syahrial memaparkan, untuk mewujudkan Kota Tangerang Cerdas, perlu didukung dengan generasi yang cerdas pula. Sedangkan untuk menciptakan generasi itu perlu ditopang oleh kekuatan ekonomi keluarga yang kuat, kondisi kesehatan keluarga yang terjamin serta fasilitas pendidikan yang memadai.

“Dan ini senantiasa menjadi perhatian Pemkot Tangerang yang dalam satu dasawarsa terus memberi perhatian terhadap program tersebut, baik untuk UMKM, multiguna dan sekolah gratis bagi masyarakatnya,” kata Syahrial, Jumat (24/10).

Syahrial menjelaskan, program Tangerang Cerdas ini senantiasa diikuti dengan sub program lainnya diantaranya peningkatan pendapatan keluarga, program kesehatan ibu dan anak, program peningkatan infrastuktur dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk program Tangerang Layak Huni, Pemkot Tangerang mengedepankan program pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) dan sistem pengendalian banjir, pelayanan perizinan yang cepat dan terukur, manajemen rekayasa lalu lintas dan transportasi masal, dan yang tidak kalah pentingnya menciptakan kondisi sosial masyarakat yang tertib dan aman, sehingga warga Negara yang tinggal di Kota Tangerang merasa aman, nyaman dan terlindungi.

“Titik lokasi banjir yang semula terdapat puluhan titik, saat ini hanya tersisa dalam hitungan jari saja. Kota yang semakin hijau dan bersih, transportasi menuju dan keluar Kota Tangerang terus dupayakan kenyamanannya melalui manajemen rekayasa lalu lintas,” katanya.

Syahrial menjelaskan, berbagai upaya yang dilakukan Pemkot Tangerang bukan sekadar angan-angan seperti keinginan baru bangun tidur. Tetapi semua keinginan tersebut berangkat dari visi dan misi kepala daerah yang selanjutnya dilakukan kajian dan penelitian oleh SKPD yang membidanginya. Inilah salah satu bentuk investasi Pemkot Tangerang yang selain digunakan sebagai data dasar bagi para investor lokal maupun asing dalam menanamkan modal usahanya di Kota Tangerang, hasil penelitian dan dokumen data tersebut sekaligus merupakan asset yang dimiliki Pemkot Tangerang untuk diwariskan kepada generasi penerusnya, karena kegiatan penelitian dan pengembangan serta berbagai macam dan jenis dokumen data yang dimiliki Pemkot Tangerang merupakan salah satu bentuk investasi untuk generasi penerus di Kota Tangerang.  

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya, dan permerintah yang adil adalah pemerintah yang peduli terhadap generasi penerusnya,” ujarnya.

Pemkot Tangerang menyadari bahwa berbagai potensi yang ada di Kota Tangerang tidak hanya untuk dikelola dan dinikmati oleh generasi saat ini. Tapi juga harus diwarisi kepada generasi penerus. Untuk itu pemerintah senantiasa dituntut berinovasi dan berinvestasi agar potensi yang ada tetap berkesinambungan untuk dikelola dan dinikmati oleh generasi selanjutnya, karena sejatinya, seluruh potensi yang kita kelola dan kita nikmati saat ini di Kota Tangerang adalah titipan yang harus diserahkan kepada generasi penerus.

Cara pemerintah melakukan inovasi dan investasi harus dilakukan melalui berbagai penelitian dan pengembangan  di berbagai sektor kehidupan, guna menciptakan potensi pembaharu sebagai pengganti potensi yang telah dikelaola saat ini, inilah pemerintah yang adil dalam mengelola pemerintahannya.

Penelitian-penelitian yang dilakukan Kantor Litbang dan Statistik Kota Tangerang, merupakan pelaksanaan perangkat daerah ini dalam menjalankan fungsinya sebagai Central Statistik Reserech and Develovment di Kota Tangerang. Dengan keberadaan Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik di jajaran Pemerintah Kota Tangerang diharapkan semua kegiatan penelitian dan pengembangan di Kota Tangerang dapat dikoordinasikan dan dikelola secara sinergis, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penelitian dan pengembangan, sekaligus memanimalisir terjadinya duplikasi antar kegiatan penelitian yang selama ini masih tersebar di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Tahun anggaran 2014 Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Tangerang telah berhasil melakukan kajian Analisis Dampak Ekonomi dan Sosial Pertumbuhan Perdagangan Sektor Informal sebagai salah satu potensi sumberdaya ekonomi, dan kajian  yang berkaitan dengan pengaruh investasi, tenaga kerja dan pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi serta kajian mengenai evaluasi pemberian tunjangan profesi terhadap kinerja guru di Kota Tangerang

Sementara itu Kantor Penelitian dan Pengembangan dan Statistik Kota Tangerang pada Tahun Anggaran 2014 telah pula berhasil menyusun data statistic sebanya 14 judul (selengkapnya lihat tabel). Guna memberikan pelayanan kepada publik yang membutuhkan berbagai data dan hasil penelitian atau kajian,  Kantor Litbang Statistik Kota Tangerang mempersilakan kepada para pembaca yang membutuhkan data dimaksud dapat mengunjungi web Kantor Litbang Statistik Kota Tangerang : litbangstat.tangerangkota.go.id/sis.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014