Sekitar 1.000 orang dijadwalkan menghadiri halal bihalal yang dilaksanakan oleh Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara atau Forum Sopan Kabupaten Jayapura bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Stadion Lukas Enemba Jayapura pada pada Sabtu (28/5).

Ketua Panitia Halal bihalal Forum Sopan Kabupaten Jayapura Ganefo di Sentani, Rabu, mengatakan pelaksanaan halal bihalal bertujuan untuk membangun solidaritas keberagaman menuju Papua yang damai dan sejahtera.

"Dalam acara yang akan kami laksanakan ini tidak ada unsur politiknya kemudian kegiatan ini juga akan dirangkai dengan kegiatan pelepasan calon jamaah haji Kabupaten Jayapura 2022 oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw," katanya.

Menurut Ganefo, seluruh paguyuban di wilayah Tabi yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura akan hadir dalam halal bihalal tersebut.

"Sehingga untuk mengantisipasi jika melebihi target 1.000 orang kami akan siapkan 1.500 kursi," ujarnya.

Dia menjelaskan dalam kesempatan tersebut, Bupati Mathius Awoitauw yang juga sebagai Ketua Forum Kepala Daerah se Tanah Tabi akan menyosialisasikan pelaksanaan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) VI 2022.

"Jadi kami padukan dengan halal bihalal agar paguyuban akan menopang kongres AMAN karena nantinya dihadiri ribuan tokoh adat yang ada di seluruh wilayah Tabi apalagi kami dari paguyuban juga ada dalam pelaksanaan kongres," katanya lagi.

Dia menambahkan menjelang halal bihalal pihaknya kini sudah melakukan koordinasi dengan Polres Jayapura membackup satuan polisi pamong praja dalam pengamanan.

"Kami harap persiapan menuju Halal bihalal hingga pelaksanaan dapat berjalan lancar," ujarnya lagi.

Direncanakan tokoh yang membawakan tausiah saat halal bihalal tersebut ialah Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Provinsi Papua sekaligus Anggota Majelis Rakyat Papua Kelompok Kerja (Pokja) Agama Dr. H. Toni Wanggai.

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022