Tangerang (AntaraBanten) - Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disprabudpar) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengelar pertukaran pemuda antarprovinsi di Kecamatan Solaer.

"Pertukaran pemuda itu merupakan amanat demi untuk menjaga keutuhan nilai-niai kesatuan bangsa dan budaya setempat," kata Kepala Disporabudpar Pemkab Tangerang Soma Atmaja di Tangerang, Kamis.

Soma mengatakan pertukaran pemuda tersebut dilaksanakan di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Solaer pada 2-27 November 2014.

Sedangkan para pemuda itu akan menempati rumah penduduk dan mereka belajar memahami budaya dan adat istiadat warga Kabupaten Tangerang.

Namun para pemuda tersebut berasal dari Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara dan perwakilan dari Banten sebanyak 20 orang.

Menurut dia, bahwa pertukaran pemuda tersebut merupakan program yang kedua kalinya, karena pertama dilaksanakan di Kecamatan Curug tahun 2005.   

Penunjukan Kabupaten Tangerang dalam program tersebut merupakan kepercayaan karena pernah melakukan dan dianggap berhasil.

Para pemuda kedua daerah akan memamerkan kesenian, budaya, serta dapat memahami adat istiadat yang berlaku.

Demikian pula pemuda daerah lain itu nantinya akan dapat memahami kuliner dan kondisi wilayah selama berada di Kabupaten Tangerang.

Pada hakekatnya, tambahnya, para pemuda itu saling bertukar budaya, pengetahuan serta adat yang berlaku.

Dia menambahkan sebagai tuan rumah yang baik tentunya telah mempersiapkan tempat dan sarana pendukung untuk menampung para pemuda tersebut di rumah penduduk. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014