Arus balik melalui Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis (5/5) atau H+2 Lebaran terpantau di terminal keberangkatan sebanyak 4.820 penumpang, sedangkan 4.369 penumpang terpantau turun melalui terminal kedatangan.

Airport Operation Center Head (AOCH) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Budi Wiyono di Kulon Progo, Kamis, mengatakan hari ini, jumlah penumpang pesawat yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional Yogyakarta mencapai 9.149 penumpang dengan rincian 4.369 penumpang datang dan 4.820 penumpang berangkat.

"Sampai hari ini masih ada arus mudik di Bandara Internasional Yogyakarta. Namun jumlahnya lebih banyak penumpang yang berangkat atau balik. Peningkatannya itu untuk hari kemarin sampai hari ini kami perkirakan dari rencana ke realisasi ada peningkatan, kemudian dari realisasi ke rencana ini hari ini ada 60 persen," kata Budi Wiyono.

Ia mengatakan trafik penerbangan hari ini mencapai 33 penerbangan, yakni 31 penerbangan reguler dan dua penerbang tambahan. Arus balik melalui Bandara Internasional Yogyakarta mayoritas calon penumpang bertolak ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Untuk selanjutnya berangkat ke berbagai daerah yang tidak memiliki rute langsung dari Bandara YIA.

"Penerbangan kami didominasi jurusan Soekarno-Hatta Cengkareng. Kemungkinan transit lalu ke Indonesia bagian barat yang tidak ada penerbangan langsung ke Bandara YIA," katanya.

Budi Wiyono memproyeksikan jumlah penumpang arus balik melalui Bandara Internasional Yogyakarta sebanyak 11 ribu penumpang per hari. Puncak arus balik sendiri diprediksi terjadi pada Sabtu (7/5).

"Kami perkirakan jumlah penumpang arus balik sebanyak 11 ribu orang. Hal ini itu mengacu pada data arus mudik yang puncaknya terjadi pada Jumat (29/4) mencapai 11 ribu penumpang pax take off landing, makanya untuk arus balik ini diperkirakan juga sejumlah itu," katanya.


 

Pewarta: Sutarmi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022