Tangerang (AntaraBanten) - Warga RW 07, Perumahan Benua Indah, Pabuaran Tumpeng, Kota Tangerang, melakukan rekreasi ke Ciater menggunakan uang dari hasil penukaran dengan sampah.

"Jadi, warga disini melakukan liburan pakai uang hasil penukaran dengan sampah yang dihasilkan setiap harinya," kata ketua Kelompok Bank Sampah Benua Hijau, Sutrisno di Tangerang, Senin.

Dijelaskannya, warga yang ikut dalam kegiatan tersebut, tergabung dalam kelompok bank sampah benua hijau. Kegiatan tersebut didasari dari bentuk kepedulian mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai.

"Kami mengajak warga untuk mengolah sampah menjadi bermanfaat. Uang yang dihasilkan, dikumpulkan dan dipakai saat sudah sesuai untuk rekreasi," ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah sangat mengapresiasi upaya masyarakat khususnya Warga di Perumahan Benua Indah.

Apalagi rekreasi yang dilakukan ini terselenggara dari hasil jerih payah warga dalam mengelola sampah. "Luar biasa, dari sampah membawa berkah. Mudah-mudahan ini bisa diikuti oleh warga lainnya biar semakin banyak yang peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Lebih lanjut, Wali Kota menuturkan, sampah pada dasarnya bukan sebuah masalah jika kita mampu mengelolanya dengan baik dan benar. Ibu - ibu, bapak dan para remaja yang turut aktif menciptakan lingkungan agar senantiasa bersih dan hijau.

Oleh karena itu, Wali Kota mengajak warga setempat untuk terus membangun rasa kekeluargaan dan kebersamaan terutama dalam menata dan menjaga lingkungan.

Apalagi para remaja sebagai generasi penerus yang akan turut membangun kota ini. "Jadilah pelopor dalam pembangunan kota ini dan menjadi generasi yang senantiasa peduli pada kebersihan lingkungan," katanya.

Oleh karena itu, Wali Kota mengajak masyarakat untuk semakin peduli kepada lingkungan dengan turut mengelola sampah.

Karena sampah kalau dikelola dengan benar pada dasarnya dapat memberikan manfaat seperti sampah organik yang bisa diolah menjadi pupuk dan an organik bisa dikiloin dan menghasilkan rupiah. "Mari kita jadikan kota ini semakin nyaman untuk dinikmati," pungkasnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014