Sebagai bentuk dukungan terhadap seluruh Usaha Mikro dan Kecil (UMK), yang dapat membantu menyejahterakan ekonomi lokal, membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, dan mendorong roda perekonomian negara, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen dalam memajukan UMK yang sudah dilakukan dengan berbagai program. Salah satunya Jumirah yang sukses menjadi pengusaha pakaian batik untuk pria dan wanita.

Melalui brand usahanya Batik Murni Asih, Jumirah mampu memperkenalkan batik hingga ke pasar mancanegara seperti Myanmar dan Malaysia.

Baca juga: Keripik Tempe Menjadi Cemilan Favorit Masyarakat Indonesia Hingga Raup Omzet Ratusan Juta

Penjualan juga laris manis di dalam negeri seperti pengiriman ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bandung, Surabaya, sampai ke Papua.

Jumirah mengatakan, kesuksesan itu mulai terlihat sejak ia bergabung menjadi mitra binaan PT Pertamina pada 10 November 2020. 
 
Batik Murni Asih yang dikela Jumirah. (Foto Antara/Pertamina)

Sejak saat itu, ia belajar banyak hal terutama dari sisi penjualan hingga bisa seperti sekarang.

"Setelah menjadi mitra binaan Pertamina omzet penjualan saya meningkat, saya dapat modal tambahan usaha, serta dapat bimbingan untuk mengembangkan usaha," ujar dia.

Usaha Batik Murni Asih ini tepatnya berlokasi di Thamrin City, Lantai 1 Blok A10 No.2-5, Kebon Melati Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Karena permintaan yang tinggi, Jumirah bahkan bisa mempekerjakan sebanyak 17 karyawan untuk membantunya.

Selain penjualan di display, Jumirah juga menjual produk batik pria dan wanita melalui online.

Mulai dari medsos Facebook, Tiktok, Instagram, termasuk market place seperti Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.

"Kami juga menjual melalui toko online di laman www.batikmurniasih.com," ujar dia.

Jumirah mengaku, selama menggeluti usaha batik sudah beberapa bazar yang ia ikuti.

Di antaranya, Inacraft, Katumbiri, Crafina, Indonesia Fashion Week, Indowastra, Gelar Batik Nusantara, Warisan (Pameran di JCC Jakarta).
 
Batik Murni Asih yang dikela Jumirah. (Foto Antara/Pertamina)

"Selain itu juga pernah ikut pameran di Manggala Siliwangi (Bandung), Batik Bordir (Grand City Surabaya), dan pameran di beberapa Mall di Jakarta," ujar dia.

Dalam hal ini, Jumirah berharap PT Pertamina bisa mengajaknya juga untuk mengikuti bazar-bazar atau event yang digelar Pertamina. 

"Sehingga saya bisa meningkatkan omset dan mengembangkan usaha saya ke pasar nasional maupun internasional," ujar dia.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, mengungkapkan bahwa tidak mudah mempertahankan usaha dalam bidang apapun di masa pendemi covid-19, namun untuk dapat mempertahankan usahanya, para UKM harus tetap produktif dan terus berinovasi pada usahanya.

Program ini juga bertujuan untuk terus mengimplementasikan poin 8 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Selain SDGs, Pertamina juga berupaya menjalankan Environmental, Social & Governance (ESG) dibidang sosial. Dengan cara ini, Pertamina yakin dapat senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial.
Adapun syarat untuk dapat bergabung menjadi mitra binaan Pertamina dapat dilihat pada https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022