Tangerang (AntaraBanten) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, akan menerapkan sistem keuangan yang akuntabel, transparan dengan pengelolaan melalui Spektra.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa, mengatakan, penerapan sistem pengelolaan keuangan secara online berbasis akrual melalui Spektra telah dilakukan sejak 2013.

Melalui sistem ini, setiap proses, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporannya tercatat dan menghasilkan data yang akurat serta dapat disajikan dengan lengkap "Sehingga memudahkan dalam mengontrol cash flow keuangan daerah," ujarnya.

Ia juga mengatakan, dengan menggunakan sistem itu, Pemkot Tangerang mendapatkan piagam penghargaan dari Kementrian Keuangan karena Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tangerang Tahun 2013 Mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ketujuh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dijelaskannya, tata kelola keuangan yang baik berdasarkan prinsip - prinsip transparansi dan akuntabilitas akan terus diterapkan sebagai amanah dari Reformasi Keuangan Negara.

Apalagi mengelola keuangan Pemkot sama halnya mengelola uang masyarakat karena sumber keuangan pemerintah berasal dari masyarakat.

Sebagai aparatur pemerintah, kita wajib mengelola dan memberikan output yang terbaik bagi masyarakat. "Tugas mengelola keuangan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin," kata Arief.

Apalagi Wakil Presiden, Boediono telah menegaskan kepada daerah-daerah diharapkan tetap bisa memberikan dan menyajikan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangannya. Bagi yang telah mendapatkan WTP saja belum tentu bebas KKN apalagi yang belum mencapainya.   

Ditambahkannya, capaian ini tentunya tak ingin terputus karena kendurnya kinerja dalam hal pengelolaan keuangan.

Salah satu bentuk komitmen dan upaya Pemkot untuk tetap menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan selain menerapkan Spektra juga dengan menggelar Diklat Penerapan Sistem Akuntansi Akrual Berbasis Spektra kepada para pegawai di lingkungan Pemkot Tangerang.

"WTP atau penghargaan ini bukanlah tujuan akhir. Menerapkan budaya akuntabel dan transparan itu yang terpenting," ujarnya.

Pemberian Piagam Penghargaan dilaksanakan di Gedung Dhanapala Jakarta pada hari Jum'at (12/9) yang diserahkan oleh Menteri Keuangan kepada Wali Kota Tangerang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014