Lebak (AntaraBanten) - Kepolisian Resor Lebak mengerahkan sebanyak 330 personel untuk pengamanan arus mudik Lebaran dengan menempati di posko-posko yang didirikan di pusat keramaian dan disebar di beberapa titik rawan kemacetan dan kejahatan.

"Kami siap melayani masyarakat yang hendak mudik dengan aman dan kelancaran lalu lintas," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Lebak Kompol Rahman Arip di Lebak, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya menjamin selama arus mudik hingga Lebaran aman dari ancaman pelaku kejahatan maupun tindakan kekerasan.

Mereka petugas disebar di posko-posko mudik untuk memberikan pengamanan dan kelancaraan lalu lintas.

Posko itu didirikan di Stasiun Kereta Api Rangkasbitung, Jalan Sunankalijaga, Terminal Bus Mandala, perempatan Malangnengah, dan Leuwiranji.

Selain itu juga petugas berpakaian preman disebar di Pasar Rangkasbitung, Bank, SPBU dan di titik-titik rawan kejahatan.

Pengamanan arus mudik Lebaran juga mendapat bantuan dari petugas Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI).

"Kami selalu siaga selama 24 jam untuk memberikan pengamanan arus mudik hingga Lebaran," katanya.

Ia mengimbau bagi masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman agar rumah miliknya dititipkan ke tetangga untuk mencegah kejahatan.

Sebab kondisi rumah dalam keadaan kosong dikhawatirkan menjadi korban pencurian,katanya.

Kepolisian juga akan memberikan pengawalan bagi pemudik yang menggunakan konvoi sepeda motor untuk kelancaran juga mengantisipasi kecelakaan.

Pengawalan ini, ujar dia, dilakukan secara estapet dengan petugas hingga ke  perbatasan daerah.

"Kami tetap pemudik sepeda motor agar mentaati peraturan lalu lintas untuk mencegah kecelakaan," katanya.

Koordinator Posko Pengamanan Lebaran Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak, Dudung, mengatakan, pihaknya mengerahkan 60 petugas untuk pengamanan arus mudik Lebaran 2014.        Ke 60 petugas tersebut disebar di enam posko di antaranya Stasiun Rangkasbitung, Terminal Mandala, Jalan Sunankalijaga, Jalan Hardiwinangun, Jalan Jalan Multatuli dan Jalur Citeras.

"Saya kira kehadiran posko tersebut diharapkan dapat memberi keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014