Merak (AntaraBanten) - Pelabuhan Merak menyediakan enam posko kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera.

"Semua posko kesehatan itu dilengkapi obat-obatan, kendaran ambulans dan peralatan medis lainya," kata  General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Yanus Lentanga di Merak, Selasa.

Ia mengatakan, kehadiran posko kesehatan tersebut sangat membantu bagi pemudik yang terserang penyakit.

Mereka para pemudik jika mengalami gangguan kesehatan dapat ditangani di posko itu.

Posko itu terdapat tim kesehatan terdiri dari  dokter, para medis, dan dibantu petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon dan Pramuka.

Pengalaman tahun lalu, kata dia, posko kesehatan mampu menangani masalah gangguan kesehatan.

Selain itu juga jika penyakit akut maka dirujuk ke RSUD Cilegon.

"Penumpang yang mendapat pengobatan itu gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun," katanya.

Ia menyebutkan, keenam posko kesehatan itu antara lain dari Dinas Kesehatan Cilegon, Dinas Kesehatan Provinsi Banten, ASDP Merak, Dinas Kesehatan Pelabuhan dan BPJS Kesehatan.

"Kami mengimbau pemudik bila terkena serangan penyakit maka gunakan posko itu untuk mengatasi gangguan kesehatan," katanya.

dr Dewi, seorang petugas Posko Kesehatan di Pelabuhan Merak mengatakan pihaknya menangani puluhan pemudik yang berobat ke sini dan kebanyakan mereka terserang gangguan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) akibat kelelahan selama menempuh perjalanan jauh.

Penyakit itu, kata dia, tidak membahayakan bagi kesehatan pemudik dan bisa ditangani dengan baik.

"Saya kira pemudik yag berobat di sini karena mereka kelelahan setelah mengemudikan sepeda motor dengan cuaca terik matahari," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014