Cilegon (Antara News) - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) ikut berkontribusi dalam pekerjaan pembetonan jalan Lingkar Selatan Cilegon Provinsi Banten melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/ CSR).


"Dana yang kami siapkan sebesar Rp12 miliar untuk 2 kilometer pekerjaan beton jalan," kata Vice President Corporate Relation CAP Suhat Miyarso di Cilegon, Selasa.

Saat ini selain CAP yang akan membangun jalan beton Lingkar Selatan Cilegon, juga sudah ada PT Krakatau Steel Tbk yang juga memberikan kontribusi pembangunan jalan beton sepanjang 2 kiometer yang kondisinya saat ini mengalami rusak berat.

Suhat didampingi Direktur HR dan Corporate Administration CAP Suryandi mengatakan, CAP memiliki kepentingan untuk ikut terlibat dalam pembangunan jalan Lingkar Selatan Cilegon  untuk mengurangi trafik di jalan lama arteri Anyer - Cilegon.

Dia mengatakan, sebagai akibat padatnya lalulintas di ruas arteri Anyer - Cilegon untuk pengiriman produk polypropylene dan polyethylene membutuhkan waktu satu kali sehari, padahal sebelumnya bisa dua kali sehari.

Suhat mentargetkan pekerjaan pembetonan jalan Lingkar Selatan akan dapat diselesaikan dalam kurun waktu 3 - 4 bulan ke depan berkerja sama dengan pemerintah kota Cilegon.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam naskah perjanjian yang ditandatangani Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi dan Vice President Corporate Relation CAP Suhat Miyarso di lokasi pekerjaan Jalan Lingkar Selatan Cilegon.

Suhat menjelaskan, dalam pekerjaan beton jalan Lingkar Selatan Cilegon, CAP terlibat mulai dari penyediaan dana serta penunjukkan kontraktor, sedangkan untuk spesifikasi teknis mengacu kepada Dinas Bina Marga Kota Cilegon.

Suryandi dalam sambutannya mengatakan, dukungan Wali Kota Cilegon dalam pekerjaan beton Lingkar Selatan Cilegon sangat berarti karena menjadi momentum pembangunan jalan yang memiliki fungsi strategis di wilayah tersebut.

"Hal ini juga diharapkan dana CSR yang dialokasikan dalam pembangunan jalan akan dapat dirasakan masyarakat di sekitar kawasan," kata Suryandi.

Sedangkan Iman Ariadi pada kesempatan tersebut mengatakan, dukungan swasta dan BUMN dalam pekerjaan beton Lingkar Selatan Cilegon akan sangat membantu mengingat APBD Kota Cilegon sangat terbatas.

"Kita dapat mengalokasikan anggaran yang tersedia untuk kegiatan yang sifatnya sosial kemasyarakatan seperti layanan kesehatan dan lain sebagainya," kata Iman.

Iman mengatakan, dana reguler untuk jalan Rp40 miliar, serta akan ditambah Rp20 miliar lagi pada APBD perubahan 2014 dan APBD 2015 termasuk untuk Lingkar Selatan Cilegon yang memiliki panjang 15 kilometer.

Pemkot akan menyelesaikan 5 kilometer melalui APBD perubahan 2014 ditambah APBD 2015, kemudian juga sudah diusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum karena merupakan jalan penghubung  ke kawasan industri.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014