Jakarta (Antara News) - Portal penyedia lowongan kerja jobsDB bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melaksanakan sosialisasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).


Kerjasama kedua institusi dituangkan ke dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding) di Jakarta, Rabu.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk berperan aktif dalam menyebarkan informasi serta mengedukasi para CPNS agar pelaksanaan proses perekrutan berjalan dengan transparan, profesional, dan akuntabel, baik secara online maupun offline.

Herman Suryatman, kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN  mengatakan, Rabu, pihaknya saat ini aktif melakukan sosialisasi terkait dengan penggunaan sistem CAT.

Hal ini, katanya, sesuai dengan rencana pemerintah, mulai tahun 2014 seluruh Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS akan menggunakan sistem CAT.

Oleh karena itu, KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama jobsDB akan melakukan simulasi penggunaan sistem CAT di enamkota besar di tanah air, kata Herman.

Aktivitas roadshow ini akan dimulai di Bandung pada tanggal 3-4 Juli 2014 bertempat di Universitas Pendidikan Indonesia. Selanjutnya, roadshow juga akan digelar pada tanggal 12 Juli di Semarang, 14 Juli di Denpasar, 16 Juli di Surabaya, 18 Juli di Makassar, serta 22 Juli 2014 di Medan.

Herman mengatakan, pihaknya telah menerapkan reformasi birokrasi. Pendaftaran CPNS yang makin mudah diakses, terbuka, dan profesional adalah bagian dari reformasi tersebut.

"Apalagi dalam waktu dekat kami akan menerapkan sistem CAT, di mana peserta dapat mengikuti tes dan langsung mengetahui hasilnya.

"Harapan kami ke depan, kerjasama strategis dengan jobsDB ini dapat menjangkau lebih banyak peserta seleksi CPNS, sehingga mereka dapat lebih mudah memperoleh informasi dan peluang menjadi CPNS,¿ jelas Herman.

Memiliki pengalaman selama 15 tahun sebagai portal lowongan kerja terdepan di Asia dan Indonesia, jobsDB ingin berbagi pengalaman dengan instansi pemerintah, dalam hal ini dengan KemenPAN-RB.

Ariadi Anaya, managing Director jobsDB Indonesia mengatakan, kepercayaan yang diberikan Kementerian PAN-RB menjadi tantangan tersendiri bagi tim jobsDB untuk dapat menggelar roadshow bersama KemenPAN-RB secara optimal.

"Melalui sosialisasi dan simulasi sistem CAT ini diharapkan para peserta menjadi lebih memahami tata laksana pendaftaran, ketika nantinya mengikuti tes CPNS yang akan mulai digelar pada Agustus 2014," katanya.

Menurut rencana, lowongan CPNS 2014 akan membuka 100 ribu formasi pegawai, yang terdiri atas 65 ribu PNS dan 35 ribu Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tahun 2014 terdapat 464 instansi yang mendapatkan persetujuan prinsip formasi, yakni 59 kementerian/lembaga, dan 405 pemerintah daerah yakni 28 provinsi serta 377 kabupaten/kota.

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan pada bulan Juli dan Tes Kemampuan Dasar dimulai pada bulan Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online, dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.

Satu hal lagi yang perlu dicatat masyarakat bahwa sekarang tidak lagi diperlukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat keterangan Sehat, dan Kartu Kuning pada tahap seleksi awal.

Persyaratan administratif itu baru diserahkan jika pelamar dinyatakan diterima menjadi CPNS. Dalam seleksi CPNS tahun 2014 ini juga membuka lowongan sebesar 5 persen bagi sarjana dari berbagai jurusan, atau lintas jurusan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014