Ratusan Warga terdampak banjir di Kecamatan Panimbang mendapatkan bantuan logistik dan air bersih dari PT Jaya Hunian Lestari Land JHL Tanjung Lesung. Pemberian bantuan ini di berikan sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada korban banjir di sekitar lokasi perusahaan tersebut, Minggu (6/3).

Menerobos sisa banjir seolah bukan halangan bagi tim JHL Group untuk memberikan bantuan dan pelayanan air bersih untuk warga Desa Citereup, Panimbang, Pandeglang. Para tim JHL Group bahkan tak segan turun langsung menembus lumpur dan tanah basah hanya demi memberikan bantuan bagi warga.

Baca juga: "MA Care" Terdepan, Bantu Korban Banjir di Patia Pandeglang

Vice Presiden (VP) Marketing & Sales JHL Group Khairunnisa Humairoh mengatakan,  tim JHL Group memberikan bantuan untuk warga yang terdampak banjir beberapa waktu lalu yang lokasinya tak jauh dari pembangunan perkebunan vanili yang tengah dikelola perusahaan tersebut.

Ia mengaku, Warga juga sangat antusias saat mendapat bantuan dua truk air bersih. Dengan membawa galon kosong, mereka berbondong - bondong menerima bantuan air dari JHL Group mengingat masih kotornya air di rumah mereka. Pihaknya menuturkan, ada 16 ribu liter air bersih dan 100 sembako yang dibagikan untuk warga sekitar. Termasuk alat-alat kebersihan seperti karbol dan alat pembersih.

"Ada 100 keluarga yang terdampak kami berikan bantuan. Pembagian merata di sekitar proyek dengan dibantu unsur pemerintah daerah dan warga setempat," katanya.

selain memberikan bantuan, dikatakannya JHL Group juga melakukan mitigasi bencana soal dampak banjir dan ancaman gangguan alam lainnya. Salah satunya rencana melakukan pelatihan kepada warga sekitar soal mengantisipasi bencana dengan melibatkan unsur Muspika setempat, yakni Camat Panimbang, Kapolsek dan Koramil Panimbang.

"Jadi warga teredukasi dan tau bagaimana cara mengantisipasi terjadinya bencana alam, Termasuk bantuan pendidikan kepada anak-anak di kawasan tersebut. Kami juga melakukan bantuan jembatan agar warga juga bisa beraktifitas," ujarnya.

Ia juga memastikan, JHL Group hadir dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan perekonomian warga setempat.

 

PT Jaya Hunian Lestari Land JHL Tanjung Lesung menyerahkan bantuan pada warta terdampak banjir

"Sebelum schedule proyek masuk, kami bantu warga apa yang bisa diberikan agar perekonomian bisa tumbuh," harap dia.

Camat Panimbang, Kosasih mengapresiasi adanya bantuan dari JHL Group untuk warga sekitar ini. Menurut dia, warga membutuhkan makanan siap saji karena kesulitan masak akibat terendam lumpur.

"Kami sebagai Muspida sangat terbantu sekali. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya bantuan dari JHL ini meringankan warga dan membantu kami," ungakapnya.

Ia menuturkan, ada 400 warga yang menjadi korban dari banjir. Namun, mereka kini sudah bisa beraktifitas normal lantaran banjir sudah surut. Meski demikian, ia tak menampik banjir di kawasan yang tak jauh dari bibir pantai itu sudah berlangsung setiap hari.

Ia berharap, warga bisa melakukan mitigasi bencana dengan cepat dan mengapresiasi niat JHL Group untuk membantu menyiapkan bantuan tenda dan perahu karet.

"Cuman yang kemarin itu tinggi karena hujannya gak berhenti ya. Sehingga air meluap sampai ada warga yang kebanjiran 2 meter. Sehingga kami bisa membantu warga yang terjebak banjir dengan cepat," jelas dia.

Mendapat bantuan dari JHL Group, warga pun langsung mengungkapkan kebahagiaannya. Mereka berterima kasih dan mengapresiasi kepedulian JHL Group. Atika (35) salah satu warga mengaku, dengan adanya bantuan tersebut beban mereka pasca banjir langsung berkurang. Apalagi mendapatkan bantuan air bersih dari JHL Group. Sambil terus mengucap syukur, Atika menuturkan, proyek pembangunan perkebunan vanilli yang digagas JHL Group bermanfaat bagi keluarganya.

"Iya perekonomian warga kami menjadi meningkat dengan adanya pembangunan perkebunan vanilli itu. Keluarga saya juga banyak yang mendapat pekerjaan," kata Atika yang sudah puluhan tahun tinggal di kawasan itu.

Sementara itu, Sahid (22) juga mengaku, dagangannya juga menjadi laku lantaran banyak pekerja proyek yang kerap membeli makanan di tempatnya.

"Proyek perkebunan vanilli itu bermanfaat sekali terutama dalam meningkatkan hidup keluarga kami dan warga sekitar," katanya dengan wajah berseri.

Pewarta: Rangga Eka Putra

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022