PT Hutama Karya (Persero) menyalurkan bantuan untuk membantu para korban bencana di Serang, Banten dan Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar).

“Setelah terjadinya gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pasaman dan banjir di Kota Serang dalam 2 minggu terakhir, kami langsung berkoordinasi dengan tim proyek Hutama Karya yang berdekatan dengan lokasi bencana untuk membantu korban terdampak bencana dengan menyalurkan ratusan bantuan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan pokok korban, bantuan logistik, dan menurunkan alat berat (excavator) untuk membantu proses evakuasi,” ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta salurkan paket bantuan korban banjir Serang

Tjahjo mengatakan bahwa seluruh bantuan yang diberikan oleh Hutama Karya, HKI, dan HKA ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Setelah banjir bandang yang terjadi di Serang Banten, Hutama Karya melalui anak perusahaannya yakni PT Hakaaston (HKA) melakukan aksi cepat tanggap bencana untuk membantu para korban terdampak melalui penyaluran ratusan paket sembako, serta bantuan logistik lainnya.

Adapun sebelumnya perusahaan melalui tim proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Padang – Sicincin berkolaborasi dengan anak perusahaan lainnya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) bertindak cepat dalam membantu proses evakuasi, serta penyaluran bantuan kepada masyarakat pasca terjadinya peristiwa bencana alam gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR yang terjadi di wilayah Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Tjahjo menjelaskan di Sumatera Barat bantuan diberikan langsung secara simbolis oleh Hutama Karya dan HKI kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman dan Tim Satgas Bencana BUMN yang bertugas di lokasi terdampak bencana yakni Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.

Sementara di Serang, Banten bantuan diserahkan oleh HKA melalui Unit Produksi Precast Bojonegoro kepada Tim Satgas Bencana BUMN di Provinsi Banten dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

“Semoga ratusan paket sembako dan penyediaan alat berat untuk proses evakuasi yang telah disalurkan oleh TJSL HK Group dapat mengantisipasi bertambahnya korban jiwa yang mungkin belum berhasil di evakuasi oleh tim penyelamat di lokasi bencana serta mendorong percepatan proses pemulihan warga sekitar,” kata Tjahjo.

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022