Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi dukungan ulama Banten terhadap program vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan ketahanan tubuh warga terhadap COVID-19.

"Saya dapat informasi bahwa rata-rata beliau-beliau saat ini minimal sudah vaksin kedua dan bahkan rata-rata sudah mau masuk vaksin ketiga. Jadi ini tentunya kabar baik kita semua, dan bisa menjadi motivasi bagi masyarakat yang masih ragu-ragu untuk bisa vaksin," katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Selasa.

Baca juga: Wagub Banten apresiasi upaya Polri dan TNI percepatan vaksinasi COVID-19

Dia mengemukakan pentingnya percepatan penuntasan pelaksanaan vaksinasi guna menekan penularan COVID-19, yang meningkat akibat persebaran virus corona varian Omicron.

"Tentunya kita harus tetap waspada tapi tak perlu takut dan salah satunya yang terus kita gencarkan bagi masyarakat yang belum vaksin agar mau melaksanakan vaksin," kata Sigit.

Dia mengingatkan warga yang baru mendapat vaksinasi dosis pertama segera mendatangi fasilitas pelayanan vaksinasi untuk menjalani vaksinasi dosis kedua.

Selain itu, dia mendorong warga yang sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19 untuk menjalani vaksinasi penguat.

Ia mengemukakan bahwa Kementerian Kesehatan telah memperpendek rentang pelaksanaan vaksinasi penguat bagi warga lanjut usia, warga yang berusia 60 tahun ke atas. Warga lanjut usia bisa mendapat vaksinasi penguat tiga bulan setelah mendapat suntikan vaksin dosis kedua.

"Ini sangat penting, khususnya bagi keluarga kita yang lansia, harus betul-betul kita jaga karena memang kondisi tertentu, varian Delta dan Omicron masih ada, angkanya masih tinggi dan ada risiko yang harus kita hindari dan jaga," kata Sigit.

Dia mengatakan bahwa pemerintah berusaha mempercepat penuntasan vaksinasi guna mewujudkan kekebalan kelompok terhadap COVID-19.
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022