Tangerang (AntaraBanten) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, mengkaji penataan dan pengembangan pasar lama di kota itu menjadi kawasan wisata alternatif.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin, mengatakan pasar lama merupakan kawasan tertua di Kota Tangerang.

Menurut dia, kawasan tersebut memiliki potensi yang besar menarik kunjungan wisatawan jika dikelola dengan baik, termasuk menarik minat kunjungan warga dari luar Kota Tangerang.

Oleh karena itu, Pemkot Tangerang membuat konsep mengenai penataan dan pengembangan kawasan pasar lama dengan melibatkan pedagang setempat.

"Penataan kawasan tersebut nantinya akan melibatkan warga setempat untuk bisa memberikan masukan dan saran kepada pemerintah daerah," ujarnya.

Selain itu, Pemkot Tangerang pun nantinya akan menerapkan bebas kendaraan bermotor pada malam hari di kawasan pasar lama sehingga kawasan itu akan lebih rapi dan tertib.

Saat ini, lanjut Arief, jalanan kawasan pasar lama tersebut kerap dilanda kemacetan karena kurangnya penataan dimana pedagang menumpuk pada satu titik.

Menurut dia, perlu juga disiapkan lahan parkir agar nantinya warga dapat mengunjungi lokasi itu dengan aman dan nyaman. Warga bisa menikmati sajian hidangan makanan maupun membeli barang di kawasan tersebut.

"Penataan yang akan dilakukan nantinya tak hanya infrastruktur tetapi juga kebersihan dan ketertiban," kata Arief.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014