Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, Banten mengajak para penyintas atau warga yang telah sembuh dari COVID-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen guna membantu proses penyembuhan pasien lainnya yang masih dalam perawatan.

"Bagi warga yang sudah sembuh dari COVID-19 bisa membantu untuk mendonorkan darahnya, supaya nanti dapat membantu mereka atau pasien yang masih dirawat," kata Kepala Seksi (Kasi) Perekrutan dan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2DDS) PMI Kabupaten Tangerang, Rifa di Tangerang, Selasa.

Menurutnya, kegiatan donor plasma konvalesen merupakan proses penyaluran darah yang mengandung antibodi dari orang yang telah sembuh dari paparan COVID-19, dan hal itu adalah bagian pengobatan bagi pasien COVID-19.

Oleh karena itu, para penyintas diharapkan dapat mendonorkan darahnya. Karena dengan begitu mereka secara tidak langsung sudah membantu orang-orang dalam proses penyembuhan COVID-19.

"Untuk di luar plasma juga boleh melakukan pendonoran darah, dalam arti nantinya mereka juga bisa membantu bagi pasien yang membutuhkan atau pun memenuhi stok darah di PMI," katanya.

Ia menyebutkan, bagi para penyintas maupun masyarakat yang ingin melakukan donor darah bisa langsung mendatangi markas PMI, karena pihaknya selama ini telah membuka akses bagi masyarakat yang ingin pendonor.

Ia mengungkapkan, selama ini PMI Kabupaten Tangerang sudah mulai ada beberapa permintaan darah dari sejumlah rumah sakit sampai beberapa daerah luar wilayah Kabupaten Tangerang. Akan tetapi mudah-mudahan dengan ketersediaan yang ada saat ini bisa memenuhi permintaan tersebut.

"Sekarang mulai banyak permintaan dari luar daerah, seperti halnya pada kasus beberapa bulan lalu dan itu cukup tinggi," ujar dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022