Pandeglang (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Erwan Kurtubi, menyatakan pembentukan kawasan minapolitan akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

"Setelah minapolitan terbentuk, pengelolaan sektor kelautan dan perikanan akan lebih maksimal sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kita," katanya di Pandeglang, Sabtu.

Pemerintah pusat, kata dia, memprogramkan pembentukan minapolitan di Pandeglang, dan pemkab sangat berharap agar rencana itu dapat segera direaliasikan.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, siap membantu pembentukan kawasan tersebut termasuk pelaksanaan di lapangan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang Tata Nanzar Riyadi menyatakan pembentukan kawasan minapolitan di daerah tersebut melibatkan lintas kementerian.

"Dalam pembentukan kawasan mintapolitan yang menjadi 'leading sector' Kementerian Kelautan dan Perikanan, tapi beberapa kementerian juga ikut terlibat," katanya.

Ia menyatakan setiap kementerian yang terlibat dalam program pemerintah pusat tersebut melaksanakan pembangunan sesuai kewenangannya, di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum menangai infrastruktur pada kawasan itu dan Kementerian Kesehatan menangani kesehatan para nelayan.

Ia juga menjelaskan, proses pembentukan kawasan minapolitan terus berjalan dan terus dilakukan rapat koordinasi, baik tingkat pusat maupun daerah.

Tata juga menyatakan, untuk sampai pada pembangunan fisik, masih butuh waktu, karena persiapan yang dilakukan cukup banyak.

"Memang masih perlu waktu untuk mewujudkan pembentukan kawasan minapolitan tersebut, tapi kita optimistis akan terealisasi, apalagi ada dukungan penuh dari pemerintah Provinsi Banten dan pusat," ujarnya.

Ia juga menyatakan, meski pembentukan kawasan minapolitan belum terealisasi, namun Kementerian Kelautan dan Perikanan terus membantu pengembangan kerang hijau dan rumput laut di Kabupaten Pandeglang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014