Tangerang (AntaraBanten) - Pemerintah Kota Tangerang bersedia menampung sampah rumah tangga yang dapat didaur ulang kemudian ditukar dengan sembako, pada acara "Festival Tangerang Bersih 2" yang digelar di bantaran Kali Cisadane.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Kamis, menjelaskan warga cukup membawa sampah yang dapat didaur ulang seperti botol minuman plastik, kantong plastik, buku, logam dan lainnya, kemudian diserahkan kepada petugas untuk kemudian ditimbang dan sesuai dengan harga yang telah ditentukan.

Untuk sampah jenis botol air mineral dengan berat 2,5 kilogram dibayar Rp8.000 untuk setiap kilonya.

Lalu, sampah plastik harganya Rp2.500 per kilogram, sampah kertas HVS Rp1.500 per kilogram, dan sampah logam lebih mahal yaitu Rp11.000 per Kg.

Sementara itu, untuk jenis sembako yang dapat diperoleh warga dari proses penukaran tersebut yakni seperti beras, gula, minyak goreng, mie instan, bumbu dapur dan lain-lain.

 "Jadi warga cukup membawa sampah dan menyerahkan kepada petugas untuk nantinya disesuaikan dengan beratnya," katanya.

Ditambahkannya, program penukaran sampah dengan sembako telah diterapkan di 13 kecamatan serta Bank Central Sampah sejak 2013.

"Disetiap kecamatan sudah diterapkan dan TPA Rawa Kucing. Hal ini untuk mengurangi pembuangan sampah di satu tempat dan memiliki manfaat lainnya," katanya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang, Ivan Yulianto, menuturkan, "Festival Tangerang Bersih" bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang hidup bersih sehingga perilaku hidup dan budaya bersih akan senantiasa tumbuh dengan penuh kesadaran di kalangan masyarakat.

"Kita juga mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan karena sampah itu pada dasarnya bukan semata-mata masalah tapi sebuah berkah jika kita bisa mengolah dan memanfaatkannya dengan baik," ujarnya.

Festival Tangerang Bersih dilaksanakan mulai 23 hingga 27 April di Bantaran Sungai Cisadane, Jalan Benteng Jaya.

Terdapat 50 stand yang tersedia dengan aneka ragam barang dijual mulai dari pohonan dan aneka jenis barang daur ulang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014