Tangerang, (Antara) - KPU Kota Tangerang, mengklaim bila partisipasi pemilih dalam Pemilu Legislatif 2014 mencapai 69 persen.

"Partisipasi pemilih untuk Pemilu Legislatif 2014 di Kota Tangerang mencapai 69 persen," kata Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi di Tangerang, Selasa.

Sementara itu, jumlah DPT, DPTB, DPK dan DPKTB di Kota Tangerang tercatat 1.273.144 orang. Sedangkan yang menggunakan hak pilihnya mencapai 883.716 suara.

Sedangkan warga yang terdata dalam DPT namun tidak menggunakan hak pilihnya yakni mencapai 389.428 orang atau 31 persen.

Dia mengatakan, jumlah partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif tahun 2014, mengalami peningkatan dibandingkan Pileg 2009.

Peningkatan tersebut, lanjut Sanusi, yakni tiga persen bila dibandingkan tahun 2009 dengan 2014. Artinya, kepedulian warga untuk menggunakan hak pilihnya tergolong tinggi.

Sehingga, dapat disimpulkan bila warga Kota Tangerang memang ingin mencari sosok wakil rakyatnya melalui Pileg tersebut.

"Demokrasi di Kota Tangerang terbilang tinggi. Hal itu ditandakan dengan jumlah partisipasi yang meningkat," ujarnya.   

Menurut Sanusi, tingginya partisipasi pun karena keterlibatan Caleg yang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Caleg pun ikut serta mensukseskan proses Pileg di Kota Tangerang hingga partisipasinya terbilang tinggi," katanya.

Kepala Divisi Program dan Data KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, rapat rekapitulasi perhitungan suara calon anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Tangerang telah selesai pada Selasa (22/4) sekitar pukul 02.30 WIB.

Selanjutnya, akan dilakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih pada 11 - 13 Mei. Lalu, pengumuman calon terpilih pada 12 - 18 Mei.

"Hasil pleno di tingkat KPU Kota Tangerang sudah disampaikan ke KPU Provinsi Banten dan menunggu pleno," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014