Tangerang, (Antara) - Wali Kota Tangerang, Banten, melakukan uji coba trayek baru bus lane yang merupoakan cikal bakal bus way untuk jurusan Terminal Poris - Kebon Nanas.

"Kami ingin melihat kondisi persiapan trayek sebelum benar - benar melayani penumpang," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di terminal Poris, Kota Tangerang, Senin.

Dalam uji coba tersebut, Arief ditemani sejumlah pejabat dari Dinas Perhubungan seperti Kadishub, Herman Suwarna, Kepala UPTD Bus Lane, Asep Yuyun dan perwakilan dari Organda.

Pantauan di lapangan, Wali Kota Tangerang bersama rombongan naik bus lane dari Terminal Poris. Lalu menelusuri rute baru mulai dari Terminal Poris di Jalan Benteng Betawi, Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Ketika melintas di Jalan Sudirman, bus lane berputar di pusat perbelanjaan Metropolis Town Square. Tujuannya untuk melayani penumpang di sekitar Modernland, termasuk yang akan ke RSUD Kota Tangerang.

Saat di Jalan MH Thamrin Kebon Nanas, bus lane berputar di bawah jembatan depan Serpong Town Square. Setelah itu, kembali ke arah Terminal Poris.

Terdapat empat shelter yang dilalui bus lane untuk mengangkut penumpang. Jarak dari Terminal Poris hingga ke Kebon Nanas yakni enam kilometer atau 12 kilometer pulang pergi.

Saat uji coba tersebut, Wali Kota Tangerang minta kepada Dishub dan pihak terkait untuk memberikan tambahan sarana dan prasarana.

Misalnya saja, halte bus lane agar dibuat nyaman dan tidak terkena terik matahari. Penumpang pun akan merasakan kenyamanan.

"Nanti haltenya agar dibuat nyaman. Jangan sampai penumpang merasa kepanasan saat menunggu," ujarnya.

Arief menuturkan, dengan adanya rute baru ini, diharapkan dapat menekan beban kemacetan di wilayah Jalan MH Thamrin Kebon Nanas.

"Kondisi di Kebon Nanas saat sudah sangat macet. Diharapkan, masyarakat bisa pindah ke angkutan massal guna mengurangi kemacetan," katanya.

Perlu diketahui, rute bus lane selama ini melayani rute mulai dari Terminal Poris Plawad, Tangerang sampai Taman Anggrek, Jakarta.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014