Tangerang (Antara News) - Penyelenggaraan job fair  Univesitas Multimedia Nusantara (UMN)  2014 melibatkan mahasiswa dan masyarakat umum sebagai solusi mengurangi pengangguran.

"Kalau job fair sebelumnya hanya melibatkan mahasiswa UMN maka kali ini juga melibatkan masyarakat," kata Wakil Rektor UMN bidang Hubungan dan Kerja Sama, Muliati G. Siswanto di Tangerang, Rabu..

Muliati mengatakan, dalam era persaingan modern ini agak sulit mendapatkan sebuah pekerjaan, kondisi ekonomi Indonesia yang fluktuatif menjadi salah satu penyebabnya.

ILO (the International Labour Organization/ Organisasi Perburuhan Internasional) dalam datanya menyebutkan pengangguran di Indonesia per Agustus 2013 sebesar 6,25 persen, dari jumlah tersebut 70 persen berusia 15 - 29 tahun.

Muliati mengatakan, salah satu upaya menekan pengangguran melalui peningkatan kualitas pendidikan, semakin tinggi seseorang menamatkan pendidikannya maka semakin mudah mendapatkan pekerjaan.

"Selain pendidikan, jaringan juga menjadi salah satu kiat sukses mendapatkan sebuah pekerjaan. Semakin luas jaringan yang diaka semakin terbuka kesempatan mendapatkan pekerjaan," kata Mulyati.

Mulyati mengatakan, UMN sebagai perguruan tinggi yang mengkhususkan dibidang ICT (information and communication technology), maka  lulusannya terbagi dalam tiga kelompok yakni profesional, wirausaha dan akademisi.

"Mereka yang ingin berkarir di profesional tentunya penyelenggaraan job fair sangat ditunggu, begitu juga dengan wirausaha biasanya mengawalinya dari berkerja disuatu perusahaan untuk memiliki pengalaman," kata Mulyati.

Mulyati mengatakan, sebanyak 93 persen lulusan UMN pada tahun 2013 telah berkerja sebelumnya (saat kuliah), sedangkan sisanya ada yang meneruskan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Muliyati mengatakan, peserta job fair UMN sendiri sebagian besar merupakan perusahaan-perusahaan yang telah menjalin kerja sama, bahkan dalam job fair kali ini beberapa MOU juga telah ditandatangani.

Lebih jauh Kepala Pusat Pengembangan Karir UMN Ika Yuniarti mengatakan, penyelenggaraan job fair 2014 diselenggarakan selama dua hari 19 - 20 Maret pukul 9.00 - 16.00 WIB bertempat di Function Hall UMN.

Kegiatan ini melibatkan 35 perusahaan nasional dan multinasional diantaranya Bank DBS, Multipolar, Otogroup, Nissan Indomobil, Metrodata, Data On, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini juga dibarengi dengan seminar karir dengan menghadirkan pembicara Paulus Danang Yanri dari organisasi pengembangan dan bakat Bank BII bertajuk

"karir di industri perbankan" dan Sinta Ariyani dari SDM PT Santos Jaya Abadi (produsen kopi kapal api) bertajuk "Pekerjaan Anda bukan Karir Anda".

Ika mengharapkan, kegiatan ini akan memberi peluang bagi mahasiswa, lulusan, dan masyarakat lebih mudah mendapatkan jaringan ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Ika menyatakan keyakinannya apabila seluruh institusi perguruan tinggi menyelenggarakan kegiatan job fair maka akan sangat membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014