Serang (AntaraBanten) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten mulai melakukan verifikasi berkas 171 tenaga honorer kategori II (K2) di lingkungan Pemprov Banten yang lolos tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Aparatur (SDA) pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Herry Purnomo di Serang, Selasa, mengatakan verifikasi dilakukan untuk memastikan kesesuaian dan kelengkapan berkas persyaratan CPNS untuk kriteria honorer Kategori dua (K2). Ada sekitar 15 berkas persyaratan yang harus dipenuhi masing-masing tenaga honorer tersebut.

"Kami sudah terima berkasnya dan mulai diverifikasi, nanti dilihat lagi sesuai atau tidak dengan persyaratan yang ditentukan," kata Herry.

Ia mengatakan, diantara 15 poin berkas persyaratan yang harus dikumpulkan para honorer melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing adalah surat lamaran yang ditulis tangan dengan menggunakan tinta warna hitam bermaterai serta diajukan kepada Gubernur Banten dan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi.

Kemudian, pas foto, daftar riwayat hidup, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang masih berlaku, dokumen asli dan fotokopi surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter pemerintah, dokumen asli dan fotokopi keterangan tidak mengonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya dari rumah sakit pemerintah serta persyaratan lainnya.

Menurut Herry, jika dalam proses verifikasi ditemukan kesalahan, maka BKD akan langsung berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk segera memperbaiki berkas yang masih dianggap belum sesuai.

"Kalau ada kesalahan, kami akan langsung hubungi SKPD untuk segera memperbaikinya," katanya.

Setelah selesai diverifikasi, kata Herry, berkas tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada BKN untuk ditinjau dan diverifikasi kembali.

Sesuai dengan Perka BKN nomor 9/2012, berkas tersebut dibuat sebanyak 4 rangkap. Setelah itu, BKN kemudian akan mencocokkan data honorer dengan berkas yang telah disampaikan.

"BKN menjanjikan apabila berkas disampaikan akhir Maret, maka akan keluar pada satu bulan berikutnya yakni April 2014," katanya.

Herry mengatakan, pihaknya belum menerima informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) terkait formasi honorer K2 yang telah menjadi CPNS tersebut.

"Formasinya belum kita terima dari MenPAN. Kami fokus pada pemberkasan aja dulu untuk segera diselesaikan," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014