Memasuki hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru, biasanya tiap-tiap tahun Telkomsel jauh hari mengantisipasinya kemungkinan-kemungkinan terjadinya lonjakan trafik penggunaan telepon selular dan internet, yang umumnya terjadi lonjakan di jam-jam tertentu. 

Telekomunikasi Selular (Telkomsel) yang merupakan anak perusahaan dari PT Telkom ini menyediakan jaringan yang sangat luas di hampir seluruh provinsi, termasuk Provinsi Banten, sehingga konsumen atau pengguna jaringan selular ini bisa menikmati sinyal yang bersih baik ponsel maupun internet, khususnya di kota-kota besar yang banyak penduduknya, dan juga didaerah pinggiran-pinggiran yang jarang penduduknya juga masih bisa menangkap sinyal dengan baik.

Begitu juga di wilayah Provinsi Banten, pejabat dan karyawan Telkomsel Regional Jabotabek beberapa hari menjelang Natal dan Tahun Baru telah mengadakan pertemuan-pertemuan untuk memantapkan kegiatan di lapangan selama Natal dan Tahun Baru dengan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang terjadi selama hari besar berlangsung.

"Kami tidak ingin mengecewakan pelanggan yang sudah setia menggunakan operator telekomunikasi selular kami selama ini. Saking menjaga kualitas pelayanan, semua karyawan dilarang cuti selama momen itu, kata General Manager Consumer Sales Region Western Jabotabek Riki A. Setiawan kepada wartawan di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Senin (20/12/2021).

Riki tampaknya serius menjaga sinyal agar tidak putus-putus atau lemot yang biasanya terjadi saat trafik pemakaian tinggi, termasuk internet yang digunakan pelajar dan mahasiswa selama belajar di saat pandemi COVID-19 akan dijaga terus agar tetap bisa produktif.

"Kami tidak ingin kecolongan. Karena itu semua petugas Telkomsel harus siap standby, termasuk pelayanan di grapari tetap buka pada hari libur tersebut untuk melayani konsumen yang ingin mengganti kartu atau memperbaiki kartu Ponsel yang tidak bisa difungsikan. Pokoknya kami tidak ingin mengecewakan pelanggan di Banten yang sudah mencapai 7,6 juta pelanggan," kata Riki.

Untuk siaga care, di Banten terdapat 17 GraPARI, 15 My GraPARI (ATM), 4 mobile GraPARI, 19 social media agent, 2 Branch Office, dan 115 Customer Service Agent. Kemudian untuk Customer Care, Telkomsel menyediakan layanan Call Center 188 (telkomsel halo dan telkomsel PraBayar), Email: cs@telkomsel.co.id, Twitter: @telkomsel, Facebook: facebook.com, SMS 1111, Asisten virtual di MyTelkomsel dan situs www.telkomsel.com.

Provinsi Banten dengan luas wilayah 9.663 km2, berpenduduk 13,16 juta jiwa (hasil sensus penduduk 2020), memiliki empat kabupaten dan empat kota, yaitu Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Cilegon dan Kota Serang, memiliki struktur geograsif pegunungan dan hutan yang luas terutama di wilayah Banten Selatan.

Jaga Kekuatan Jangkauan

Dengan wilayah seluas itu yang dihuni oleh penduduk sebanyak 13,16 juta jiwa, penduduk di Banten sebagaimana juga di provinsi-provinsi lainnya cenderung lebih banyak tinggal di kota ketimbang di wilayah pinggiran atau desa. Sehubungan dengan itu Telkomselpun memasang strategi dalam pemasangan jaringan (tower) atau menara Base Transceiver Station (BTS) dengan melihat jumlah populasi penduduk yang tinggal. Semakin banyak penduduk otomatis pengguna ponsel juga meningkat dan trafik pemakaian juga meningkat. 

Untuk menguatkan kapasitas jangkauan, Telkomsel telah memasang 6.253 unit BTS, termasuk 914 unit BTS yang baru dipasang, dan ditempat-tempat khusus seperti di tempat wisata dan bandara yang jumlah pengunjungnya cenderung naik pada momen tersebut disediakan juga enam Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan tetap prima.

"Kendati pandemi COVID-19, kami tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan pemakaian sinyal di tempat-tempat wisata, termasuk Bandara Soekarno Hatta. Ada enam COMBAT kami sediakan untuk itu," kata General Manager Network Service Assurance Outer Jabotabek Noviandri Japang.

Antisipasi kemungkinan terburuk lainnya adalah mati lampu PLN yang dapat menurunkan kekuatan sinyal, sehingga disediakan sejumlah genset agar jaringan tetap bagus, yaitu 17 genset kekuatan 15 KVA, 13 genset 20 KVA, 7 genset 10 KVA dan 1 genset 5 KVA, kata Noviandri. 

Provinsi Banten memiliki banyak tempat wisata seperti pantai anyer, pantai carita, tanjung lesung, pantai sawarna di Bayah dan juga Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan beberapa Mall di Tangerang yang biasanya banyak dikunjungi orang. "Untuk wilayah-wilayah tersebut menjadi perhatian kami selama liburan Natal dan Tahun Baru," katanya.

Trafik Naik

Telkomsel Jabotabek juga memprediksi akan terjadi kenaikan trafik data di Banten pada momen-momen tersebut yang untuk trafik data akan naik 8,9 persen dibandingkan hari-hari normal, atau naik 7,6 persen dibandingkan momen sama tahun sebelumnya.

Ketua Natau Outer Telkomsel Area Jabotabek Irwan Siregar mengatakan selain trafik data, juga pada payload per service yang mengalami peningkatan selama momen tersebut seperti communication mengalami peningkatan 5,61 persen, googleservice 8,75 persen,  e-commerce naik 14,64 persen, video naik 9,67 peren, sosial net naik 3,98 persen, tracker naik 9,44 persen, TikTok naik 14,47 persen,  whatsapp naik 5,61 persen,  facebook naik 8,35 persen, shopee naik 250,75 persen, dan youtube naik 6,63 persen, namun untuk pengguna web turun -17,41 persen, googlemaps turun -34,48 persen, dan instagram turun -0,01 persen.

Siregar menambahkan untuk kualitas broadband di wilayah Banten cukup bagus yang menjangkau 99 persen populasi dengan semua BTS 4G LTE, bahkan di Sutera Alam dan BSD sudah tersedia jaringan 5G.

Dodi Irawan Wijaya, SRM Regional Western menambahkan bahwa berbagai konten seperti video dan game telah disediakan Telkomsel untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan selama libur Nataru, dan juga telah memberikan bantuan-bantuan kepada yang membutuhkan.

"Oleh karena itu, kami selalu berupaya menjaga kualitas sinyal agar tidak mengganggu pelanggan saat bermain video atau game, atau mengadakan hubungan silaturahim dengan keluarga selama menggunakan video," katanya. 

Telkomsel juga telah mengoptimalkan jaringan di beberapa titik POI (Point Of Interest), yaitu Tempat wisata 2 POI, Bandara dan Pelabuhan (2 POI), Mall of HOP (3 POI), pusat keramaian (4 POI). (ADV)
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021