Jakarta (Antara News) - Standard Chartered Bank Indonesia (SC) menyelenggarakan turnamen futsal bertemakan "Standard Chartered Trophy Indonesia 2014 Road to Anfield" yang akan diikuti 40 team amatir asal Indonesia.

"Team yang menjadi juara pertama akan mendapat kesempatan emas menikmati program empat hari penuh di Anfield Inggris kota asal klub sepak bola Liverpool," kata CEO Standard Chartered Bank Indonesia Tom Aaker di Jakarta, Kamis.

Hadir dalam peluncuran turnamen tersebut mantan pemain timnas Indonesia yang juga asisten pelatih tim Garuda Yeyen Tumena dan Presiden Bigreds Indonesia (klub pendukung resmi Liverpool di Indonesia) Fajar Nugraha.

Tom Aaker mengatakan, turnamen futsal SC pada tahun 2014 sudah ketiga kalinya diselenggarakan. Turnamen ini merupakan babak kualifikasi untuk nantinya team pemenang akan bertanding dengan team terpilih dari diberbagai negara dimana SC beroperasi.

Tom mengatakan, partisipasi negara yang terlibat dalam turnamen tahunan ini terus meningkat, kalau 2012 dan 2013 baru diikuti 10 negara, maka tahun 2014 ini diikuti 15 negara.

Tom juga menyampaikan seluruh dana dari kegiatan ini akan disumbangkan pada program "seeing is believing" yakni program pengobatan mata untuk mengurangi kebutaan di Indonesia.

Sepanjang tahun 2013, serangkaian kegiatan penggalangan dana untuk mendukung program "seeing is believing" di Indonesia dilakukan seperti menggelar lomba lari, bersepeda jarak jauh, serta turnamen futsal dimana keseluruhannya berjumlah total 195,156 dolar AS atau setara dengan Rp2,3 miliar.

Ketigabelas negara yang dipastikan akan ikut adalah turnamen di Anfield adalah team gabungan negara Eropa, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Nigeria, Kenya, Thailand, Korea, negara-negara di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (Bahrain, Lebanon, Oman, Jordan, Qatar, dan UAE), Bangladesh, Vietnam, Gambia, dan Pakistan.

Tom mengatakan, Standard Chartered dalam kiprahnya di Indonesia selama lebih dari 150 tahun akan terus berkomitmen terhadap masyarakat di wilayah sekitar operasi kami termasuk melalui berbagai program investasi masyarakat.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang telah berpartisipasi di acara SC Trophy sejak pertama kali digelar pada tahun 2012 lalu. Melalui acara ini, kami berharap untuk terus mempererat hubungan kami dengan para klien, nasabah,
rekan-rekan media, serta masyarakat sekitar melalui futsal dan menyuguhkan pengalaman tak terlupakan bersama Liverpool FC," ujar Tom.

Champion dari LFC Committee Standard Chartered Bank Indonesia Jozi Rachman menambahkan “Turnamen futsal pada tahun ini  juga akan menggelar lomba kisah foto di laman Facebook SC serta program nonton bareng bersama BigReds Indonesia untuk menyaksikan saat Liverpool FC menjamu tim Swansea City pada 23 Februari 2014.

Turnamen SC Trophy terdiri atas dua jenis fase - fase pertama adalah turnamen kualifikasi yang digelar oleh masing-masing negara peserta SC Trophy, dan fase kedua adalah turnamen grand final yaitu “Standard Chartered Trophy Final” yang akan digelar secara langsung di Anfield pada tanggal 13 Mei 2014.

Pada turnamen kualifikasi lokal akan ada 40 tim futsal yang berpartisipasi dan terdiri atas staf, klien, masyarakat, serta media.

Pemenang pertama dari turnamen kualifikasi lokal akan mendapatkan kesempatan emas untuk menikmati serangkaian pengalaman tak terlupakan bersama Liverpool FC. Pemenang juga mendapatkan uang senilai Rp5 juta, serta mendapat sesi pelatihan langsung
Yeyen Tumena, serta perjalanan ke kampung halaman Liverpool FC di Anfield, Inggris.

Di Liverpool, pemenang pertama akan menikmati program empat hari penuh selama berada di sana. Selain menghadiri pertandingan home game terakhir Liverpool untuk musim 2013/2014 melawan Newcastle United di Anfield, menikmati tur wisata di kota kelahiran grup musik Beatles tersebut termasuk kunjungan ke stadion Anfield dan museum Anfield, serta mengikuti sesi pelatihan bersama para pelatih professional LFC dan para pemain legenda LFC di Liverpool FC Academy untuk membantu menyiapkan diri menghadapi turnamen Final.

Pemenang turnamen Standard Chartered Trophy Finals juga akan mendapatkan ‘Standard Chartered Trophy’.

Pemenang kedua dan ketiga juga mendapatkan uang senilai masing-masing Rp3 juta dan Rp2 juta. Selain itu, juga terdapat penghargaan istimewa berupa bola sepak Liverpool FC bertandatangan khusus yang akan dibagikan untuk pemain dalam kategori
khusus seperti Pencetak Gol Terbanyak (Top Scorer), Pemain Terbaik (Best Player), serta Penjaga Gawang Terbaik (Best Goalkeeper). 

Sementara itu, masyarakat pecinta sepakbola juga berkesempatan untuk memenangkan lima buah bola sepak bertandatangan khusus melalui partisipasi dalam lomba kisah foto di laman Facebook Standard Chartered Bank Indonesia yang akan digelar antara tanggal 26 Februari 2014 dan 13 Maret 2014.

Turnamen futsal ini akan menggunakan sistem setengah kompetisi dengan aturan main team terdiri dari 7 pemain (termasuk penjaga gawang dan pemain cadangan) serta minimum berusia 18 tahun.

Turnamen kualifikasi lokal digelar dalam dua tahap. Tahap pertama adalah babak penyisihan hingga perempat final yang akan diadakan pada tanggal 15 Maret 2014. Sementara itu, babak semi-final dan final akan diadakan pada tanggal 16 Maret 2014.
Kedua turnamen tersebut digelar di Stadium Futsal Vidi Arena di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Pancoran.

Saat ini Liverpool FC memiliki penggemar di 15 negara dalam jaringan global Standard Chartered di Asia, Afrika, dan Timur Tengah termasuk di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang turut serta dalam turnamen SC Trophy ini selain Malaysia dan Singapura.

SC resmi menjadi sponsor utama Liverpool sejak 14 September 2009. Kontrak yang dimulai pada bulan Juli 2010 tersebut diperbaharui pada tahun 2013 saat Liverpool Football Club dan Standard Chartered Bank mengumumkan perpanjangan kontrak selama dua tahun.

Sebagai sponsor utama, nama dan logo Standard Chartered tampil di seluruh jersey Liverpool FC. Perpanjangan kontrak yang baru ini berlaku hingga akhir musim 2015/2016.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014