PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tetap memaksimalkan pelayanan selama perayaan Natal 2021 dan pergantian tahun 2021 ke 2022 di wilayah Banten, meskipun pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Kami tidak ingin mengecewakan pelanggan pada moment-moment tersebut, sehingga kendati masih pandemi COVID-19 tetap pelayanan kita tingkatkan, bahkan karyawan Telkomsel dilarang cuti selama Natal dan Tahun Baru," kata General Manager Consumer Sales Region Western Jabotabek Riki A. Setiawan kepada wartawan di Tangerang, Senin (20/12/2021).

Riki mengatakan bagi pelajar dan mahasiswa yang belajar tetap masih bisa produktif menggunakan layanan Telkomsel. Begitu juga grapari tetap buka pada hari H sehingga konsumen bisa memanfaatkannya, serta di Bandara Soekarno Hatta dan tempat-tempat keramaian akan selalu menjadi pantauan Telkomsel.

Sementara itu, General Manager Network Service Assurance Outer Jabotabek Noviandri Japang mengatakan kendati pandemi pihaknya tetap menyediakan berbagai solusi bagi network laptop bila terganggu atau tidak connect selama Natal dan Tahun Baru.

"Sudah beberapa bulan yang lalu kami siapkan untuk mengantisipasi tidak bisa connect yang umumnya disebabkan oleh cuaca buruk, dengan kapasitas yang siap mengamankan trafik selama Natal dan Tahun Baru," kata Noviandri.

Untuk tempat-tempat keramaian, yang diprediksi akan terjadi di tempat-tempat wisata walaupun masih pandemi seperti Pantai Anyer, Telkomsel akan menyiagakan Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan tetap prima.

"Ada enam titik yang dipasang pada libur tahun baru nanti. Titik wisata tetap kita amankan karena virus corona yang sudah mulai mereda diprediksikan wilayah wisata tetap "diserbu" warga yang menikmati liburan," katanya.

Sementara itu Irwan Siregar, Ketua Natau Outer Telkomsel Area Jabotabek, menjelaskan tentang persiapan jaringan broadband momen Natal dan Tahun Baru di wilayah Banten dengan prediksi trafik komunikasi untuk trafik data pada Naru (Natal dan Tahun Baru) naik 8,9 persen dibandingkan hari-hari normal, dan bila dibandingkan momen sama di tahun 2020 diprdiksi naik 7,6 persen.

Trafik voice justru mengalami penurunan -13,3 persen dibanding hari normal dan -14,3 persen dibanding tahun 2020. Sementara trafik SMS turun -22.1 persen dibanding hari normal dan -25,3 persen dibanding tahun 2020.

Kemudian payload per service untuk communication naik5,61 persen, googleservice 8,75 persen, web turun -17,41 persen,  e-commerce naik 14,64 persen, video naik 9,67 peren, sosial net naik 3,98 persen, tracker naik 9,44 persen, TikTok naik 14,47 persen, googlemaps turun -34,48 persen, whatsapp naik 5,61 persen, instagram turun -0,01 persen, facebook naik 8,35 persen, shopee naik 250,75 persen, dan youtube naik 6,63 persen.

Siregar menambahkan untuk kualitas broadband di wilayah Banten cukup bagus yang menjangkau 99 persen populasi dengan semua BTS 4G LTE 

Ia mengatakan untuk wilayah Banten, Telkomsel menyediakan BTS sebanyak 6.253 unit, termasuk 914 BTS yang baru dibangun, ditunjang 6 COMBAT dan 1 COMBAT khusus untuk Naru Carita.

Untuk mengantisipasi jika terjadi mati listrik, Telkomsel juga sudah menyedian genset sebanyak 17 genset 15 KVA, 13 genset 20 KVA, 7 genset 10 KVA dan 1 genset 1 KVA.

Dodi Irawan Wijaya, SRM regional western menjelaskan berbagai konten seperti video dan game yang telah dibuat Telkomsel untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan selama libur Naru, dan juga telah memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

"Oleh karena itu, kami selalu berupaya menjaga kualitas sinyal agar tidak mengganggu pelanggan saat bermain video atau game, atau mengadakan hubungan silaturahim dengan keluarga selama menggunakan video," katanya.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021