Tangerang,  (Antara) - Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjan Umum Moh Hasan setuju bila dilakukan normalisasi Sungai Cisadane sebelum dilakukan sodetan Ciliwung - Cisadane
  
"Rencana sodetan Ciliwung-Cisadane harus diawali dengan melakukan normalisasi Sungai Cisadane terlebih dahulu," kata Moh Hasan saat meninjau bendungan pintu air 10 di Kota Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan setiap program yang dicetuskan harus disepakati oleh semua pihak. Jangan sampai ada program yang baik untuk satu wilayah namun menjadi beban atau masalah bagi daerah lainnya.

Moh Hasan pun setuju untuk dilakukan pengerukan di Sungai Cisadane seperti keinginan Wali Kota Tangerang dan Bupati Tangerang. "Kami akan membantu proses pengerukan Sungai Cisadane," katanya.

Ia menambahkan saat ini memang kondisi Sungai Cisadane sangat tidak bisa menampung tambahan debit air. Bahkan, beberapa wilayah sudah terkena imbas dari luapan Sungai Cisadane.

Maka itu, Dirjen SDA akan melakukan pembahasan dengan kepala daerah guna membicarakan mengenai normalisasi.

"Kita selesaikan dahulu pembahasan normalisasi, setelah itu nanti dapat dilanjutkan mengenai sodetan Ciliwung-Cisadane," katanya.

Perlu diketahui, Pemkot Tangerang dan Pemkab Tangerang menolak rencana sodetan Ciliwung-Cisadane yang digagas oleh DKI Jakarta.

Pasalnya, rencana tersebut akan berimbas terhadap banjir di Tangerang yang saat ini dialami oleh warga.

"Kita menolak rencana sodetan Ciliwung-Cisadane karena akan berdampak banjir semakin parah," kata Wali Kota dan Bupati Tangerang saat dimintai keterangan sebelumnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014