Merak (AntaraBanten) - Kendaraan yang menyeberang di Pelabuhan penyeberangan Merak meningkat memasuki awal masa liburan natal 2013 dan tahun baru 2014.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Mario S Oetomo di Merak, Cilegon, Minggu, mengatakan kepadatan menjelang libur Natal dan Tahun Baru terlihat pada mobil pribadi dan penumpang pejalan kaki, mendominasi di pintu kedatangan pada dua hari terakhir yakni sabtu (2112) dan minggu (2212).

"Dibandingkan hari biasanya, jumlah kendaraan pribadi naik dua kali lebih banyak pada dua hari terakhir ini," kata Mario.

Ia mengatakan, jika hari biasa jumlah kendaraan hanya mencapai 1.500 unit namun pada Minggu (22/12) mencapai 3.679 unit. Demikian juga dengan penumpang pejalan kaki yang mencapai 6.906 orang atau meningkat 75 persen dibanding hari biasanya yang hanya 4.500 orang.

Menurut Mario, prediksi kepadatan pada minggu pertama liburan memang sudah diperkirakan sebelumnya. Kenaikan terjadi terutama untuk mobil pribadi dalam dua hari terakhir.

"Kenaikannya mencapai 17 dan 10 persen. Sedangkan untuk Pejalan kaki meningkat dibanding hari biasanya tapi jumlahnya masih dibawah tahun lalu dihari yang sama," katanya.

Khusus untuk sepeda motor, kata Mario, juga terjadi kenaikan jika dibanding hari biasa, namun jumlahnya masih dibawah tahun lalu. Pada hari biasa hanya sekitar 700 unit motor, namun pada Sabtu (21/12) sudah mencapai 1.029 unit.

Ia mengatakan, menjelang libur Natal dan Tahun Baru, pelabuhan penyeberangan Merak mengoperasikan 28 kapal. Sementara kondisi cuaca dua hari terakhir hujan dan tinggi gelombang diperkirakan mencapai  0,75 sampai 2 meter, serta kecepatana angin mencapai 15 knot.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013