Pandeglang,  (Antara Banten) - Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Suyitno menyatakan realisasi penanaman pohon di daerah itu hingga awal Desember 2013 sebanyak 11,1 juta batang.

    "Tahun ini menargetkan penanaman pohon 13,5 juta batang, dan sampai awal bulan ini realisasinya telah mencapai 11,1 juta batang," katanya usai peringatan Hari Menanam Nasinal tingkat Provinsi Banten di Pandeglang, Senin.

    Ia menyatakan optimistis target tersebut bisa dicapai karena saat ini juga banyak penanaman yang dilakukan masyarakat dan perusahaan.

    Selama ini, kata dia, kegiatan penanaman pohon di Provinsi Banten mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk perusahaan dan masyarakat setempat.

    "Perusahaan melalui berbagai program, diantaranya pembinaan lingkungan membantu penanaman pohon, baik dalam bentuk bibit maupun uang  untuk penghijauan yang disalurkan pada masyarakat," katanya.

    Suyitno juga menyatakan, capaian penanaman pohon di Provinsi Baten setiap tahun selalu melapaui target yang ditetapkan. Pada 2012 dari target 13,5 juta batang realisasinya mencapai 19 juta batang.

    Dari delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten, kata dia, penanaman terbanyak di Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang.

    Berbagai program digulirkan untuk mendukung program penanaman pohon di Banten, baik dari pemerintah kabupaten/kota, provinsi maupun Kementerian Kehutanan.

    "Kementerian Kehutanan setiap tahun menyalurkan bantuan kebun bibit rakyat (KBR) pada ratusan kelompok dengan nilai Rp50 juta per kelompok," katanya.

    Bantuan KBR tersebut, kata dia, diberikan untuk kegiatan pembibitan dan hasilnya dibagik pada anggota kelompok tersebut.(ant)   

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013