Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Banten terus menggencarkan kegiatan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan dalam mengurangi resiko penularan dan mempertahankan status zero case rabies atau bebas rabies.

“Untuk Kota Tangerang sudah beberapa tahun terakhir ini menyandang status zero case rabies. Tidak ada laporan atau temuan kasus tersebut, namun kita tetap menggencarkan program ini untuk mempertahankan status tersebut,” kata Kasie Produksi Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahan Pangan Kota Tangerang, Drh. Wina Listiana di Tangerang, Senin.

Baca juga: Pemkot Tangerang kaji izin konser musik

DKP Kota Tangerang, lanjutnya, mengimbau kepada masyarakat untuk bisa mengikuti program vaksinasi rabies gratis yang rutin digelar setiap bulannya. Jenis hewan peliharaan yang divaksin pun beragam bisa mulai dari kucing, anjing, kera hingga musang.

Saat ini DKP Kota Tangerang sudah memberikan layanan vaksinasi rabies gratis kepada 1.084 ekor hewan dari target 500 hewan tervaksin. Besarnya animo masyarakat ini terus mendorong peningkatan pelayanan di Klinik Hewan DKP Kota Tangerang.

"Kita terus mengoptimalkan layanan vaksinasi rabies gratis. Agar tak ada penularan dari hewan kepada manusia. Maka itu warga diimbau bisa memeriksa kesehatan hewannya di Klinik Hewan DKP," ujarnya.

Kemudian dirinya juga mengajak masyarakat pemilik hewan peliharaan untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan dari hewan peliharaannya serta melaporkan kepada petugas jika ditemukan kasus pada manusia maupun hewan yang sakit dan mengidap gejala rabies.

“Vaksinasi rabies dilakukan berulang satu tahun sekali. Jadi bagi para pecinta hewan yang hewan peliharaannya belum divaksin, untuk segera mengikuti program ini. Jadwal dan kuota dapat dipantau dari akun Instagram @dkp.tangerangkota. Program ini masih akan berlangsung hingga akhir tahun selama dosis vaksin masih tersedia,” katanya.

Perlu diketahui kegiatan vaksinasi rabies hewan jika di klinik konvensional biayanya sebesar Rp200 ribu. Namun untuk di Klinik Hewan DKP gratis.

“Ini jadi kali pertama saya menikmati layani vaksinasi rabies gratis ini. Ya lumayan banget, apalagi saya bawa empat kucing saya, di luar bayar bisa Rp200 ribu kalau ditotal bisa Rp800 ribu kan lumayan banget. Siapa tau, Pemkot Tangerang mau sediakan vaksin jenis lainnya tak hanya rabies, kita pecinta hewan pasti senang sekali,” ungkap Noormanti, warga Batuceper.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021