Menghadapi Era Digital yang di dominasi oleh data, saat ini pemerintah sangat mendukung adanya gerakan generasi muda yang melek data. Dengan demikian, hadirnya program
Kampus Merdeka menjadi jembatan bagi para mahasiswa untuk bebas berekspresi, bereksplorasi serta berkolaborasi untuk Merdeka dalam belajar. DQLab sebagai platform belajar Data Science online bentuk inisiasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Xeratic, siap mendukung pemerataan edukasi data untuk Indonesia.

Sebagai salah satu bentuk implementasi program Kampus Merdeka, UMN saat ini mengembangkan mata kuliah khusus untuk pembelajaran Data Science di dalam koordinasi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika. Dalam program ini, UMN membuka kesempatan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi lain dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti mata kuliah bidang Data Science, diantaranya Data Analysis, Probability and Statistics, Database Systems, Deep Learning, Data Warehouse, Data Modeling, & Data Visualization dengan mekanisme pertukaran pelajar. Program ini bersifat “Gratis” dan dapat diikuti oleh semua Mahasiswa. Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta memiliki kesempatan untuk bermitra dengan UMN.

Baca juga: Dirikan "KOICA SILLA UMN 4th Revolution Technical Center", UMN dan Silla University Didik Generasi Muda Kuasai Bidang Industri 4.0

“Melalui program Kampus Merdeka, UMN mengajak mahasiswa dari berbagai Universitas untuk mengembangkan kemampuan Data Science, yang makin banyak dibutuhkan industri.” Tutur Andrey Andoko, Wakil Rektorat Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN.

Kegiatan pembelajaran dalam mata kuliah yang ditawarkan dalam program pembelajaran Data Science akan dimulai pada semester genap tahun akademik 2021/2022. Dengan konsep gabungan antara asynchronous dan synchronous learning, mahasiswa akan diberikan akses untuk mempelajari materi dari dosen secara langsung dan juga melalui modul interaktif yang telah disusun oleh para pakar yang terdiri dari akademisi dan juga praktisi industri.

Proses penyusunan modul interaktif ini pun didukung oleh program Matching Fund KEDAIREKA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia tahun 2021. Modul-modul yang nantinya akan ditempatkan pada platform DQLab akan bersifat interaktif sehingga pengguna dapat langsung mempraktekkan materi yang dipelajari pada modul dan menguji kompetensi melalui quiz dan project. Dataset yang digunakan pada platform DQLab memiliki kompleksitas sesuai dengan data yang ditemui pada industri sehingga pengguna nantinya memiliki kemahiran dan terbiasa dengan kasus yang mungkin ditemui di industri dan dapat mengimplementasikan teknik pengolahan data yang tepat.

Link registrasi https://bit.ly/dqlabminibootcamp

Tentang DQLab

Di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic, DQLab merupakan program data science online yang melatih para peserta untuk mempersiapkan diri guna menjadi praktisi data handal dengan role Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer. Dapat mengakses secara langsung pada platform DQLab yang memungkinkan para peserta untuk bekerja contoh kasus nyata di berbagai industri. Mendapatkan dukungan & diskusi oleh para ahli data & industri, serta mendapatkan sertifikasi dari industri setelah pembelajaran berlangsung.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021