Rumah Sakit Bhayangkara Tk. 1 R. Said Soekanto (RS Polri) sebagai rumah sakit pemerintah bekerjasama dengan Celltech Stem Cell Centre Laboratory & Banking (CSC) dibidang riset dan penelitian sel punca. 

Dalam siaran pers, Rabu, kerjasama tersebut memfokuskan kepada riset dan penelitian sel punca (stem cell), laboratorium stem cell, dan bank tali pusat atau penyimpanan ari-ari agar nantinya dapat diproses menjadi stem cell di Laboratorium Stem Cell Celltech.

Sebelumya telah ditandatangani Nota Kesepahaman (MOU) tentang kerjasama antara Cell RS Bhayangkara Tk. 1 R. Said Soekanto (RS Polri) dengan Celltech Stem Cell Centre Laboratory & Banking (CSC) dalam hal rujukan pengambilan sampel dan pengaplikasian stem cell.

Sesuai Permenkes 32 tahun 2018 bahwa terapi stem cell dapat dijalankan bukan hanya di rumah sakit tapi juga di klinik utama. Peraturan terbaru inilah yang membawa Celltech Stem Cell Centre Laboratory and Banking (CSC) semakin mengembangkan kiprahnya.

Celltech yang telah mengantongi izin Kemenkes untuk laboratorium dan bank Tali Pusat dan jaringan kembali melakukan kerja sama dengan rumah sakit.

Penandatanganan MOU tersebut dilaksanakan di Vinski Tower dan dihadiri oleh : Brigjen. Pol. dr. Asep Hendra diana Sp. An.KIC,M.Kes selaku Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tk. 1 R. Said Soekanto,  Kombes Pol Umar Shahab selaku Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tk. 1 R. Said Soekanto,  Prof. dr. Deby Vinski, MSc, PhD selaku Presiden WOCPM, Anggota Komite Sel Punca Indonesia dr Marhaen Hardjo, serta tim dari Rumah Sakit Bhayangkara Tk. 1 R. Said Soekanto dan CSC.

Dalam sambutannya Prof. Deby memuji Kepala Rumah Sakit Brigjen. Pol. dr. Asep Hendra diana sebagai visioner untuk menjadikan RS Polri Soekanto semakin maju dalam pelayanan stemcell, riset dan penelitian. 

Prof. Deby juga merasa bangga karena acara tersebut dihadiri oleh pihak-pihak yang kompeten seperti dr. Marhaen Hardjo yang merupakan Anggota Komite Sel Punca Indonesia. 

Dr. Marhaen Hardjo, M.Biomed, PhD,  yang merupakan Doktor lulusan Okayama University Jepang dan juga merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) Makassar. 

Sebelumnya, CSC juga telah melakukan kerjasama terkait pelayanan laboratorium stem cell dengan Universitas Hassanuddin, RS Kanker Dharmais, dr. H.Khaerul, M.Kes (Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara), Dr. H. AS. Thamrin, MH (Walikota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara), Universitas Islam Makassar, dan RSIA Kemang Medical Care.

Berbagai kegunaan Stem Cell dari Tali Pusat jaringan telah dilaporkan berbagai jurnal ilmiah maupun Riset kedokteran yang terus berkembang, dilaporkan Stem Cell sangat bermanfaat untuk diabetes, cerebral palsy, autis, penyakit auto imun, kelainan orthopedis,  osteoarthritis pada lutut dan tulang belakang, osteoporosis, trauma luka bakar, Multiple Sclerosis, Lupus, COPD, Dementia,  Alzheimer, Parkinson, Kanker, dan juga untuk Vitalitas pria dan wanita dan anti aging. 

Dan kenyataan, saat ini telah banyak pesohor negeri ini menjalani terapi stem cell sejak berpuluh tahun lalu ke luar negeri dan ini sangat merugikan negara karena devisa negara lari keluar negeri.

Harapan dari kerjasama ini adalah semoga ke depan banyak masyarakat Indonesia semakin mendukung Medical Tourism di Indonesia. Hal ini sesuai dengan yang digalakkan Celltech yang selalu berusaha berperan aktif dalam menyelamatkan devisa negara serta mendukung imbauan Presiden untuk mencintai produk dalam negeri.

Diketahui hanya ada 2 Pusat Stem Cell di Asia yang menggunakan Teknologi Quantum Kedokteran dimana stem cell di proses dengan sistem tertutup ini mengurangi kesalahan manusia (human error) dan risiko kontaminasi karena semua dalam sistem steril tertutup serta terukur kualitas mau kuantitas pasti morfologi, biomarker, jumlah stem cell yang dihasilkan serta waktu produksi yang cukup singkat dibanding dengan sistem lama konvensional sistem terbuka.

Stem cell adalah sel punca yang hidup dan dapat dimanfaatkan baik untuk penyakit degeneratif maupun Wellness dan Vitalitas Pria maupun Terapi Gejala Menopause ataupun Female Rejuvenation dimana Jurnal Penelitian telah banyak sekali diseluruh dunia seperti pengobatan diabetes, stroke, Parkinson, Autisme, gagal ginjal dsb. 

Dalam dunia kedokteran, anti aging stem cell dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas  hidup, awet sehat optimal dan vitalitas pria maupun wanita semakin baik dan mencegah penyakit degeneratif. 

CellTech berkomitmen menjadi perusahaan sel punca atau Stem Cell. Terdepan  memberikan yang terbaik dari segi  teknologi, mutu  maupun pelayanannya. 
 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021