Jakarta (Antara News) - Peserta mudik gratis yang diselenggarakan Giant Hipermarket dan Supermarket bertempat di parkir Timur Senayan Jakarta mencapai lebih dari 20.000 orang.

"Setidaknya dari loket pendaftaran di lokasi yang sudah tercatat lebih dari 20.000 pemudik akan kami berangkatkan," kata Yudhi Komarudin Direktur Hubungan Pemerintahan dan Manajemen Resiko Giant di Jakarta, Minggu.

Yudhi mengatakan sebanyak 20.000 pemudik akan diberangkatkan menuju 35 kota di Pulau Jawa dan satu Kota Bandar Lampung Sumatra menggunakan tiga moda transportasi masal (bus, kereta api, dan pesawat).

Yudhi lebih merinci 20.000 orang tersebut sebanyak 16.000 di antarnya menggunakan bus, 1.500 menggunakan angkutan udara, serta 2.500 menggunakan angkutan kereta api.

Dia menjelaskan dalam kegiatan mudik kali ini Giant menggunakan 280 armada bus full AC, 12 pesawat terbang, dan 31 gerbong kereta api.

Yudhi mengatakan, animo masyarakat mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan untuk kelima kalinya terus bertambah. Bahkan kali ini naik 50 persen dibanding sebelumnya.

"Mudik gratis ini sebagai bentuk apresiasi yang ditujukan kepada konsumen yang selama ini loyal berbelanja di Giant Supermarket dan Hipermarket," kata Yudhi.

Kegiatan ini, kata Yudhi, juga ditujukan untuk membantu pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menangani arus mudik Lebaran 2013.

Melalui kegiatan mudik yang lebih terkoordinir akan mengurangi kemacetan dan juga lebih aman sampai ke tujuan, kata Yudhi.

Terkait keamanan bagi pemudik, kata Yudhi, panitia memberikan asuransi kepada seluruh peserta mudik gratis, tidak hanya itu seluruh pengemudi bus yang terlibat juga diberikan arahan serta wajib test urine sebelum keberangkatan.

Untuk ikut serta mudik Giant pelanggan Hipermarket dan Supermarket dapat menukarkan struk belanja senilai Rp100.000 berlaku kelipatan untuk mendapatkan satu poin.

Dengan 10 poin yang diperoleh pelanggan dapat menukar 1 tiket bus, 15 poin 1 tiket kereta api, dan 20 poin tiket pesawat, jelas Yudhi lagi.

"Namun karena tingginya animo masyarakat dan jumlah tiket terbatas maka periode penukaran poin Giant Pulang Kampung Gratis 2013 ditutup satu minggu lebih cepat dari jadwal panitia," kata Yudhi.

Dia menjanjikan untuk tahun 2014, Giant akan akan meningkatkan jumlah tiket mudik untuk mengantisipasi tingginya permintaan.
 
 


 
 
 
 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013