Tangerang, (Antara) - Tarif retribusi berobat bagi warga luar Kota Tangerang Selatan, Banten, dinaikkan sebesar 300 persen dari tarif sebelumnya.

"Retribusi berobat untuk warga luar Tangerang Selatan akan dinaikkan sebesar 300 persen," kata Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany di Tangerang, Kamis.

Airin mengatakan, kenaikan retribusi disebabkan banyak warga dari luar Kota Tangerang Selatan yang menikmati pelayanan kesehatan di daerah pemekaran Kabupaten Tangerang itu.

Dari hasil penelitiannya, ternyata retribusi kesehatan di Kota Tangerang Selatan lebih rendah dibandingkan dengan daerah lainnya.

"Ini yang menjadi faktor kenaikan harga retribusi harga kesehatan bagi warga diluar Kota Tangerang Selatan," katanya.             

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Dadang M.Epid, mengungkapkan kenaikan tarif retribusi misalnya yakni untuk biaya rontgen yang awalnya Rp40 ribu menjadi Rp120 ribu.

"Di wilayah lain, biaya rontgen umumnya berkisar antara Rp80 ribu. Sedangkan di Tangsel harganya sangat murah," ujarnya.

Meski ada kenaikan, Dadang menjelaskan animo masyarakat dari luar Tangsel yang melakukan pemeriksaan kesehatan tinggi.

Hal tersebut disebabkan fasilitas kesehatan yang di rumah sakit Kota Tangerang Selatan tergolong lengkap. "Yang berobat masih banyak walaupun tarif naik," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013