Al-Khairiyah merupakan salah satu organisasi dan lembaga pendidikan tertua di Banten yang lahir sejak 1925. Hampir satu abad berkiprah, Al-Khairiyah terus memberikan kiprah positif bagi pendidikan di Banten, di tahun 2021, Al-Khairiyah akan melangsungkan muktamar ke-10 tahun.

Pelaksanaan Muktamar dilaksanakan di Kampus Al-Khairiyah Citangkil, 21-23 Oktober 2021. Kegiatan akbar sebagai ajang silaturahmi keluarga besar Al-Khairiyah per 5 tahun ini akan diiukuti oleh pengurus pusat, majelis suro, pengurus wilayah, pengurus daerah dan pengurus cabang-cabang istimewah se-Indonesia.

Kegiatan ini akan mengikuti rangkaian protokol kesehatan Covid-19 dengan memperhatikan sejumlah kondisi ruangan, penggunaan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

"Muktamar akan dibuka melalui siaran virtual Presiden RI Joko Widodo. Kemudian sambutan-sambutan oleh Menteri Bappenas RI Suharso Monoarfa dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Wakil Presiden RI KH. Maruf Amin yang akan menutup pelaksanaan Muktamar," Kata Ketua Umum Pengurus Besar Al Khairiyah Ali Mujahidin, pada konfrensi pers Rabu (20/10).

Selain itu, akan ada agenda peletakan batu pertama rencana bantuan Kementrian PUPR pembangunan gedung Universitas Al-Khairiyah oleh Menteri PUPR RI M. Basuki Hadimulyono.

Adapun tujuan dari Muktamar adalah mencapai organisasi yang dapat mengembangkan pendidikan dan dakwah islamiyah dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, cerdas, terampil, dan patriotik menuju masyrakat adil dan makmur berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadits. 

Inti dari Muktamar Al-Khairiyah akan dilakukan sejumlah sidang pleno yang terbagi menjadi tiga sidang komisi seperti Bidang Organisasi, Bidang Program Kerja, dan Bidang Rekomendasi. Selain itu juga akan ada penyampaian LPJ Ketua Umum PB Al-Khairiyah priode 2016-2021 dan pemilihan Ketua Umum PB Al-Khiriyah priode 2021-2026.   

Perlu diketahui di masa jabatan Ketum PB Al-Khairiyah KH. Ali Mujahidin telah berhasil membawa Al-Khairiyah lebih baik lagi dan menyelesaikan program-program rekomendasi hasil Muktamar Al-Khairiyah ke-9.

Pencapaian PB Al-Khairiyah diantaranya adalah berhasil mendaftarkan Al-Khairiyah sebagai Organisasi Kemasyarakatan di Kemendagri, Anugrah Pahlawan Nasional Brigjen KH. Syamun oleh Presiden RI, dan berhasil mendirikan Universitas Al-Khairiyah.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021