Guna membantu pemerintah melakukan percepatan vaksinasi di daerah, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Banten, bersama Kepala Pos BIN Kota Cilegon Suatril, didampingi tokoh masyarakat Citangkil Ayatullah dan petugas vaksinator dari Puskesmas Citangkil dan Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Rabu (29/09), menyusuri perkampungan warga untuk melakukan pelayanan jemput bola vaksinasi door to door  ke rumah-rumah warga.

Kepala Posda BIN Kota Cilegon Suatril menjelaskan, upaya ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran COVID-19, juga dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi yang belum merata, serta membantu masyarakat agar bisa kembali melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. 

"Hari ini kami dari BIN Daerah Banten melakukan vaksinasi ke rumah-rumah warga. Hari ini pelaksanaan di Kebonsari, Citangkil menyasar 700 warga. Dan 600 dosis vaksin untuk para pelajar di SMA Negeri 3 Cilegon," Jelas pria yang akrab disapa Asril itu.

Pihaknya juga berharap percepatan vaksinasi yang dilakukan untuk membangun kekebalan komunal dapat berdampak positif terhadap aktivitas perekonomian warga, yang selama ini sempat mati akibat terdampak pandemi COVID-19.

"Yang kami harapkan tentunya, dari kegiatan vaksinasi ini mudah-mudahan aktivitas masyarakat bisa kembali normal meskipun tetap dalam protokol kesehatan ketat. Jadi warga yang mau kerja, mau aktivitas itu bisa nyaman setelah vaksinasi ini," katanya.
Seorang lansia saat divaksin di rumahnya oleh petugas dari Puskesmas Citangkil dan BIN Daerah Banten. (Susmiatun Hayati)

Kadir salah seorang warga Kebonsari yang sehari-hari mencari nafkah sebagai pemain organ tunggal yang mengikuti program vaksinasi berharap, meski ditengah kondisi pandemi, aktivitas warga bisa tetap berjalan normal agar ia bisa kembali mencari pundi-pundi rupiah untuk keluarganya. Mengingat selama pandemi, kini ia terpaksa menjadi pengangguran dan hanya ikut membantu istrinya berdagang di pasar.

"Kalau setahun lalu saya kerja organ tunggal, cuma gimana sekarang orang nikahan kan gak boleh ramai-ramai jadi susah buat usaha. Mudah-mudahan setelah vaksinasi ini lancar semuanya, orangnya sehat kerajaan bisa jalan lagi," harapnya.
Kapolda BIN Cilegon bersama tokoh masyarakat Citangkil saat menyerahkan bantuan beras dari PT Gama Group. (Susmiatun Hayati)

Sementara itu dalam kegiatan vaksinasi door to door, BIN juga menyerahkan bantuan 4,5 ton beras dari PT Gama Group yang dibagikan kepada warga kurang mampu, yatim piatu, jompo dan dhuafa di lima kabupaten kota di Banten termasuk Kota Cilegon. Untuk itu tokoh masyarakat setempat Ayatullah yang mengapresiasi kegiatan vaksinasi BIN Banten mengaku sangat berterimakasih. 

"Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Badan Intelijen Negara (BIN) yang sudah menggelar vaksinasi ke rumah-rumah warga, juga kepada Apotek PT Gama Group yang sudah menyalurkan bantuan beras melalui BIN kepada warga kurang mampu di wilayah kami. Semoga ini juga bisa membantu dan meringankan warga yang membutuhkan," katanya.





 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021