Kota Tangerang, Provinsi Banten meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak karena dinilai berhasil dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam keterangan di Tangerang, Jumat, mengatakan capaian penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dengan kategori utama itu hasil pelaksanaan sejumlah program Pemkot Tangerang dalam mewujudkan kesetaraan gender.

Baca juga: Peziarah memadati Makam Sultan Hasanuddin di Banten Lama

"Alhamdulillah usai dilakukan evaluasi pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender Kota Tangerang meraih Anugerah Parahita Ekapraya kategori utama," katanya.

Ia menyampaikan komitmen Pemkot Tangerang dalam mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait dengan pengarusutamaan gender di daerah itu.

"Bentuk nyata yang dilakukan Pemkot Tangerang dengan tersedianya fasilitas-fasilitas responsif gender di kantor-kantor pemerintah," ujar dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tangerang Jatmiko menjelaskan pemkot setempat telah tiga kali berturut-turut meraih APE.

"Penghargaan ini telah melalui proses verifikasi lapangan yang dilakukan oleh tim dari pemerintah pusat, verifikasi dilakukan secara lengkap, komprehensif, dan objektif," kata dia.

Kota Tangerang meraih APE sejak 2018 dengan kategori pratama, pada 2019 kategori madya, dan pada 2020 kategori utama.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021