Pandeglanga  (Antara Banten) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten bertekad mengurangi jumlah kemiskinan di daerah itu, dengan melaksanakan berbagai program yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat.
   
"Memberantas kemiskinan memang tidak mudah, tapi kita akan terus berupaya secara bertahap mengurangi angka kemiskinan itu," kata Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi. 
   
Jumlah warga miskin di Kabupaten Pandeglang sekitar 138 ribu jiwa, atau 12,01 dari total penduduk daerah itu, dan Pemkab terus melaksanakan berbagai program yang bisa mengurangi angka tersebut,  diantaranya mengoptimalkan pengelolaan sektor yang banyak menyerap tenaga kerja.
   
"Untuk Pandeglang, sektor yang banyak menyerap tenaga kerja yakni bidang pertanian, jadi kita terus mendorong peningkatan pengelolaan sektor tersebut," katanya.
   
Pengembangan sektor pertanian, kata dia, juga sejalah dengan program pemerintah Kabupaten Pandeglang yang menjadikan bidang itu sebagai andalan untuk meningkatkan perekonomian, selain pariwisata.
   
Bupati juga menyatakan,  sektor pertanian menyediakan lapangan kerja terbesar bagi masyarakat di daerah tersebut.
  
"Sektor pertanian menyerap paling banyak tenaga kerja di Pandeglang, yakni sekitar 204.514 orang atau 46,72 persen dari total warga yang bekerja," katanya di Pandeglang, Jumat.
   
Sedangkan sektor lain yang membutuhkan keterampilan, seperti jasa-jasa hanya menyerap 41.892 tenaga kerja, atau 9,57 persen. 
   
Ia juga menyatakan, akan terus mendorong peningkatkan pengelolaan sektor pertanian yang telah dijadikan sebagai sektor ekonomi unggulan selain pariwisata.
   
"Pertanian merupakan sektor unggulan Pandeglang, karena itu kami dari pemerintah daerah akan terus mendukung pengembangan pertanian sehingga produksi bisa terus meningkat, dan Pandeglang tetap menjadi penghasil beras terbesar di Banten," katanya. (Humas Pandeglang)

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013