Serang (AntaraBanten) - Tim Seleksi KPU Provinsi Banten mencatat dari 122 orang yang mengambil berkas formulir pendaftaran calon anggota KPU Banten 2013-2018, sebanyak 81 orang diantaranya mengembalikan berkas pendaftaran hingga hari penutupan, Sabtu (2/3).

Ketua Tim Seleksi KPU Banten Endang Sulastri di Serang, Minggu, mengatakan pihaknya akan teliti dalam memeriksa berkas pendaftaran calon komisioner KPU Banten periode 2013-2018.

Pemeriksaan bagi pendaftar dilakukan bukan hanya terbatas pada berkas saja, tetapi juga dengan melakukan verifikasi.

"Meskipun belum tes tulis, kesehatan dan psikologi, jika masyarakat mengetahui informasi rekam jejak para calon, bisa disampaikan. Ini semata-mata dalam rangka memperoleh komisioner yang memiliki integritas," kata Endang Sulastri.

Ia meminta kepada masyarakat untuk turut memberikan informasi terhadap timsel KPU. Timsel akan memberikan waktu berupa tanggapan publik, terhadap pendaftar yang lolos seleksi.

Menurut Endang, jadwal tahapan pelaksanaan seleksi calon anggota KPU Provinsi mengalami perubahan. Berdasarkan surat edaran KPU Nomor 124/KPU/II/2013 tentang penyeragaman waktu pelaksanaan tes seleksi tertulis se-Indonesia, jadwal tes tertulis yang sebelumnya, 10 Maret 2013 diundur menjadi 14 Maret 2013.

Tahapan seleksi selanjutnya yakni 15-19 Maret 2013 berupa tes kesehatan dan penerimaan hasil tes. Sedangkan untuk tes psikologi diselenggarakan 20-30 Maret 2013.

"Dalam seleksi ini, kami berpatokan pada standar dan panduan yang telah ditetapkan. Siapapun orang, bila memenuhi standar yang ditetapkan, tak bisa dihalang-halangi untuk ikut seleksi," kata Endang Sulastri.

Salah seorang pendaftar, Haer Bustomi mengatakan, dirinya siap untuk mengikuti tahapan seleksi yang ditetapkan.

"Kami percaya, timsel akan bekerja profesional," kata Haer Bustomi yang juga mantan anggota Panwaslu Banten.

Sementara itu dari 81 pendaftar komisioner yang mengembalikan berkas tersebut, beberapa diantaranya komisioner KPU Banten yang saat ini masih menjabat yakni Nasrullah, Lukman Hakim, Agus Supriyatna dan Didih M Sudi.

Selain itu, pendaftar lainnya ada juga  komisioner KPU kabupaten/kota yakni Ketua KPU Kabupaten Lebak, Agus Sutisna, anggota KPU Kota Serang, Yuliana Mardatillah, Mantan ketua maupun anggota Panwaslu Banten 2011, Surya Bagja dan Haer Bustomi, Ketua Panwaslu Pandeglang, Maskur, dan anggota Panwaslu Banten 2006, M Iqbal Hopip. Kemudian Sekretaris Karang Taruna Provinsi Banten Gatot Yans, Sekretaris KNPI Provinsi Banten, Abidin Nasyar.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013