Pandeglang, (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) pada semua tingkatan harus bersinergi sehingga pelaksanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah bisa berjalan lancar.

"Musrenbang merupakan titik awal dari pembangunan, maka harus bersinergi agar dalam pelaksaan pembangunan tidak terjadi masalah," katanya saat menghadiri musrenbang tingkat Kecamatan Sumur, Rabu.

Tujuan musrenbang, kata dia, untuk mencari masukan dan usulan dari masyarakat terkait pembangunan yang akan dilaksanakan pada 2013.

Karena itu, kata dia, musrenbang dilaksanakan pada tingkat kelurahan/desa, kecamatan dan kabupaten.

"Aspirasi masyarakat dapat disampaikan dalam musrenbang kelurahan/desa dan setelah ditetapkan skala prioritas dalam musrenbang yang dihadiri para ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat, kemudian dibawah pada musrenbang kecamatan," katanya.

Dalam musrenbang tingkat kecamatan, kata dia, juga dibahas usulan yang diajukan kelurahan/desa. Karena banyaknya usulan maka perlu ditetapkan skala prioritas untuk diusulkan dalam musrenbang kabupaten.

"Pada musrenbang kabupaten nanti, juga akan dibahas usulan kecamatan dan ditetapkan skala prioritas, setelah itu ditetapkan menjadi program pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah Kabupaten Pandeglang," katanya.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyatakan infrastruktur jalan untuk mendukung pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata di daerah itu diprogramkan selesai 2014.

"Untuk infrastruktur jalan pendukung KEK diharapkan selesai 2014, ini selain untuk menunjang perekonomian masyarakat juga melancarkan pembangunan KEK tersebut," katanya.

Pembangunan jalan, kata dia, tidak hanya di Kecamatan Panimbang yang merupakan lokasi pembangunan KEK pariwisata tapi juga di Sumur, sebagai daerah pendukung.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, berharap agar pembentukan KEk tersebut bisa segera direalisasikan, karena akan memberi dampak positif bagi perkembangan daerah itu, terutama bida ekonomi dan investasi.

Bupati juga meminta warga Kecamatan Sumur kegiatan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dalam waktu dekat akan diresmikan operasionalnya.

"PDAM Sumur dalam waktu dekat akan diresmikan, dan agar bisa berjalan optimal, kita minta masyarakat memberikan dukungan," katanya.

Pembangunan PDAM di Kecamatan Sumur, kata dia, merupakan upaya pemerintah dalam menyediakan air bersih bagi masyarakat setempat.

Menurut dia, air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dan selama ini masih ada daerah di Pandeglang yang mengalamai kerkurangan air besih ketika musim kemarau tiba.

Panitia musrenbang yang juga Sekretaris Kecamatan  Sumur E. Hadi Kusumah mengatakan musrenbang ini dihadiri oleh para kepala desa yang berjumlah tujuh orang, para

ketua TPK desa serta para perwakilan simpan pinjam perempuan  21 orang.(humas pandeglang)
   

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013