Dinas Kesehatan Kota Tangerang bersama dengan RS Sari Asih Cipondoh menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat umum menggunakan vaksin Moderna dengan target 294 orang.

"Vaksinasi massal ini digelar selama tiga hari sejak tanggal 1-3 September secara gratis atau tidak dipungut biaya," kata penanggung jawab vaksinasi COVID-19 RS Sari Asih Cipondoh dr Putri Mutiara Sari dalam keterangannya di Tangerang, Jumat.

Baca juga: Tangerang bantu anak yatim karena COVID-19

Dr Putri Mutiara Sari menyebutkan vaksinasi COVID-19 yang disuntikkan merupakan vaksin Moderna untuk dosis pertama dengan target 294 peserta usia 18 tahun ke atas. "Semua jenis vaksin covid telah dinyatakan aman oleh Kemenkes sehingga masyarakat tidak perlu ragu atau khawatir," tambah dr Putri Mutiara Sari.

Dengan melakukan vaksin, tubuh seseorang akan mendapatkan antibodi yang dapat mengenali virus COVID-19 yang menyerang sehingga kekebalan tubuhnya meningkat.

Meski demikian, tidak semua masyarakat yang mendaftar bisa dilakukan penyuntikan, sejumlah tim medis melakukan skrining terlebih dahulu terhadap peserta seperti tensi darah, kondisi badan saat akan divaksin dan rekam medis kesehatan.

Kondisi peserta yang tidak dapat dilakukan vaksinasi yaitu sedang terinfeksi COVID-19, tekanan darah >180/110, suhu >37,5°C, alergi terhadap vaksin COVID-19, riwayat komorbid yang tidak terkontrol, penyakit autoimun,dan  imunodefisiensi primer.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni percepatan vaksinasi terus dilakukan dengan kerja sama melalui berbagai pihak, bahkan Pemkot sudah menggelar vaksin di tingkat RW.

Sementara itu capaian vaksinasi hingga tanggal 1 September 2021 untuk anak-anak dan remaja 227.827 orang dengan rincian 166.060 untuk dosis pertama dan 61.767 untuk dosis kedua.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021