Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang menyebutkan pasien yang menjalani isolasi di daerah setempat saat ini tersisa 616 orang.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi di Tangerang, Selasa mengatakan bahwa pasien COVID-19 yang menjalani isolasi, baik itu di rumah sakit maupun di rumah singgah milik pemerintah setempat, saat ini mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Baca juga: Dinkes Tangerang gelar vaksinasi sasar 7.531 pelajar SMP/SMA dalam sehari

"Sekarang jumlah pasien isolasi tersisa 616 orang, dan jumlah itu dari total keseluruhan tempat isolasi yang ada," katanya.

Ia mengatakan, penurunan pasien isolasi tersebut merupakan hasil dari kerja keras pemerintah setempat untuk mengendalikan penyebaran virus corona dengan memperhatikan jumlah pasien yang di isolasi pada awal Agustus 2021 yang berada di angka 1.000 orang.

Ia mengungkapkan, pasien yang tercatat menjalani isolasi itu menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pihaknya dengan pengawasan ketat dari para tenaga kesehatan.

Selain itu, dengan melihat kondisi jumlah kasus COVID-19 setiap harinya terus melandai, maka pihaknya mengharapkan kepada masyarakat agar tetap membudayakan penerapan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas ke luar daerah.

"Meski jumlah kasus menurun, masyarakat tetap wajib mematuhi protokol kesehatan dengan ketat," ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Satgas COVID-19 RSUD Kabupaten Tangerang dr Herze mengatakan pasien COVID-19 yang menjalani isolasi di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang tersisa sebanyak 20 orang.

Menurutnya, jumlah tersebut merupakan dari pasien yang sedang menjalani perawatan dan isolasi.

"Kurang lebih ada 20 pasien yang saat ini masih menjalani isolasi dan itu pun ditambah dengan pasien yang menunggu konsultasi paru," tuturnya.

Ia mengungkapkan, angka penurunan pada pasien isolasi tersebut terjadi di awal Agustus, yang saat itu pemerintah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Kalau dibandingkan dengan bulan Juli, penurunan itu sangat jauh. Dimana pada Juli kita bisa merawat pasien sekitar 400 orang lebih," ucapnya.

Sementara, berdasarkan data laporan harian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang pada Selasa (31/8), Secara keseluruhan tercatat sebanyak 26.321 kasus.

Untuk pasien yang menjalani perawatan 217 orang, pasien yang kini dinyatakan sembuh dari COVID-19 menjadi 25.508 orang. Selanjutnya, jumlah pasien yang meninggal dunia karena terpapar virus corona total ada 388 orang, Untuk pasien isolasi total sebanyak 208 orang.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021