Serang (ANTARABanten) - Sejumlah hotel di Pantai Anyer mulai menyiapkan paket wisata untuk menyambut dan merayakan Tahun Baru 2013 di lokasi wisata pantai tersebut.


"Kami sudah menyiapkan paket akhir tahun dan paket tahun baru. Pesanan  kamar hotel untuk dua paket itu sudah mencapai  90 persen sampai hari ini," kata General Manager Hotel Patra Anyer Sukirman di Serang, Sabtu.

Ia mengatakan, untuk menyambut tahun baru pihaknya sudah menyiapkan sejumlah kesenian tradisional Banten yang akan ditampilkan untuk menyambut wisatawan yang akan merayakan malam tahun baru 2013 di Pantai Anyer. Sejumlah kesenian dan budaya tradisional Banten yang akan ditampilkan diantaranya rampak bedug, debus, dan tarian tradisional lainnya.

Pihaknya juga berharap, infrastruktur pendukung pariwisata ke pantai Anyer seperti perbaikan jalan dan penerangan jalan umum bisa selesai sebelum tahun baru 2013.

"Sekarang maih dalam kondisi perbaikan, mudah-mudahan sebelum tahun baru selesai semua," kata Sukirman yang juga Sekretaris PHRI Kabupaten Serang.

Ia mengatakan, paket hotel atau 'resort' yang disiapkan untuk menyambut tahun baru mulai harga Rp1 juta untuk paket akhir tahun dan mulai Rp2 juta untuk satu malam.

Residen Manager Hotel Mambruk Anyer Zonvri mengatakan, pihaknya juga  menyiapkan paket wisata untuk menyambut tahun baru mulai Rp2,5 juta sampai Rp5 juta untuk dua malam. Selain itu sejumlah pertunjukan seni dan budaya tradisional juga disipakan seperti rampak beduk, debus, tari-tarian Banten dan ''jamaican beach party' serta band lokal.

"Kami ingin memberdayakan masyarakat setempat sehingga mereka juga bisa merasakan dampak dari objek wisata di sini," kata Zonvri.

Menurutnya, dari sekitar 97 unit hotel dengan  total  128 kamar, mampu menampung 500 sampai 700 wisatawan.

"Pesanannya sampai hari ini baru sekitar 60 persen, kami targetkan sampai pertengahan Desember pesanan sudah 100 persen. Sebab, pengalaman tahun kemari sampai 15 Desember pesanan kamar sudah 100 persen," kata Zonvri.

Zonvri mengatakan, fasilitas penunjang bagi wisatwan untuk perayaan tahun baru juga disiapkan 'sea pool', playing fox, lapangan futsal, voly pantai dan fasilitas penunjang lainnya.

Sementara itu dalam upaya mendorong promosi wisata di Banten menjelang akhir tahun, Dinas Budaya dan Pariwisata Banten juga menggelar 'Media Fam Trip', untuk memantau sejumlah objek wisata di Banten. Sejumlah lokasi yang dipantau tim Disbudpar Banten dengan tim media diantaranya 'Benteng Heritage' atau Museum Peninggalan Warisan Budaya Peranakan Tionghoa  di Kota Tangerang, lokasi wisata kuliner Tanjungkait Tangerang, Pantai Anyer, Tanjung Lesung dan Pantai Sawarna.

"Kami ingin menginformasikan kepada masyarakat luas mengenai kondisi objek wisata di Banten melalui media. Ini bagian dari upaya kami mempromosikan objek wisata di Banten," kata Kepala Bidang Promosi Pemasyaran Produk Budaya dan Pariwisata Disbudpar Banten H Deden Indrawan.

Pihaknya juga berharap perbaikan jalan yang menuju objek wista Pantai Anyer bisa selesai sebelum tahun baru. Namun demikian, kondisi jalan tersebut saat ini lebih baik dibandingkan tahun lalu.

"Sekarang sebagian jalan itu sudah selesai dicor. Mudah-mudahan sebelum tahun baru 2013 selesai semua," kata Deden.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012