Serang (ANTARABanten) - Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terpilih menjadi Ketua Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK -PSM) Nasional.


Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nandy Mulya di Serang, Minggu mengatakan, Ratu Tatu Chasanah terpilih sebagai Ketua Forum Komunikasi Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat dalam Musyawarah Nasional (Munas II) FK-PSM) tanggal 28 - 30 November 2012 di Hotel Ratu Bidakara Kota Serang.

"Munas II FK- PSM dengan tema 'Reinventing Pekerja Sosial Masyarakat dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Menuju Indonesia Sejahtera 2025' dihadiri perwakilan 32 provinsi," kata Nandy Mulya.

Menurutnya, perkembangan permasalahan sosial dalam masyarakat kompleks sehingga diperlukan penanganan secara sungguh-sungguh, cepat, tepat dan berkelanjutan. Artinya untuk menyelesaikan permasalahan sosial dalam masyarakat tersebut diperlukan adanya motivator, stabilisator dan pendamping sosial yang hidup serta berkembang dalam masyarakat itu sendiri.

Ia mengatakan, para motivator, stabilisator dan pendamping sosial tersebut perlu dibekali pengetahuan dan pemahaman lebih terhadap permasalahan sosial dalam lingkungannya, untuk selanjutnya berkiprah sesuai dengan kultur dan tradisi lingkungannya, sehingga  tidak terkesan eksklusif.

Atas dasar pertimbangan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Sosial RI sejak tahun 1979 telah melatih masyarakat sebagai motivator, stabilisator dan pendamping sosial dalam masyarakat yang disebut dengan nama Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Dalam melaksanakan tugas pelayanan dan penanganan masalah sosial,  pekerja sosial perlu adanya suatu wadah organisasi agar tujuan penangan masalah kesejahteraan sosial dapat terselesaikan secara terarah dan terencana. Sehingga Pekerja Sosial Masyarakat berinsiatif untuk membentuk suatu wadah organisasi yang dinamakan Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM).

"Untuk menyusun dan mengevaluasi program kerjanya, FK-PSM menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas). Munas adalah institusi pengambilan keputusan tertinggi FK PSM," kata Nandy Mulya.

Ia mengatakan, Munas bertujuan untuk memberikan penilaian kepada laporan pertanggungjawaban pengurus yang telah berakhir, memilih dan menetapkan Ketua Umum serta membentuk susunan kepengurusan yang baru.

"Pada Munas kali ini juga dideklarasikan perubahan nama FK-PSM menjadi Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Nasional yang mengacu kepada Peraturan Menteri Sosial No 1 Tahun 2012," kata Nandy Mulya.

Sementara  Ratu Tatu Chasanah. berjanji akan berjuang dan mengabdi demi kesejahteraan masyarakat, ia juga meminta seluruh anggota IPSM mampu menjadi penggerak penyelenggaraan kesejahteraan sosial masyarakat dengan berlandaskan semangat kerelawanan sejati.

"Saya akan berusaha untuk membesarkan PSM baik secara organisasi, maupun keberadaan PSM sebagai relawan sosial di tengah-tengah masyarakat," kata Ratu Tatu Chasanah yang juga adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012