Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyebutkan hingga 23 Agustus 2021, dinas kesehatan telah menyuntikkan vaksinasi kepada 1.205.265 orang, baik dosis pertama, kedua maupun ketiga.

Arief di Tangerang, Banten, Senin mengatakan untuk masyarakat yang telah disuntik dosis pertama ada 747.755 orang, dosis kedua 450.759 orang dan dosis ketiga khusus tenaga kesehatan ada 6.751 orang.

Baca juga: Pemkab Tangerang terima pasokan 180 ribu dosis vaksin Pfizer

"Dengan total vaksinasi yang sudah dilakukan menyasar kepada 1.205.265 orang. Percepatan vaksinasi pun terus dilakukan," katanya, dalam keterangannya di Tangerang, usai rakor percepatan penanganan bencana nasional penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian masyarakat di wilayah aglomerasi Jabodetabek yang dinisiasi oleh Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan secara daring.

Arief menjelaskan kegiatan vaksinasi di Kota Tangerang melibatkan banyak pihak, seperti TNI/Polri, lembaga swasta dan bidang sosial serta keagamaan untuk mencapai kekebalan komunal.

Vaksinasi di Kota Tangerang, katanya, telah menggunakan Aplikasi Vaksinasi Kota Tangerang (Avatar) yang memudahkan petugas serta masyarakat lantaran hanya menggunakan gawai untuk proses vaksinasi. "Sebelumnya harus pakai laptop, sekarang petugas cukup scan QR code lewat handphone," ujarnya.

Namun, wali kota meminta kepada Kementerian Kesehatan untuk memberikan akses kepada Pemkot Tangerang agar dapat melakukan sinkronisasi data ke aplikasi P-care dari aplikasi Avatar. "Karena keterbatasan personel tenaga kesehatan di daerah dan supaya prosesnya lebih cepat," ujarnya,

Kemudian terkait kasus COVID-19 di Kota Tangerang, wali kota mengatakan jika saat ini telah terjadi penurunan selama penerapan PPKM dari pemerintah pusat.

"Secara garis besar angka kasus harian COVID-19 di Kota Tangerang sudah mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini seiring dengan tingginya jumlah vaksinasi yang gencar dilakukan oleh pemkot bersama instansi terkait," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021