Jakarta (ANTARA News) - Sony Entertaintment Television menyajikan kompetisi "chef" kelas internasional untuk mengkreasikan hidangan penutup yang diharapkan menjadi tontonan menarik bagi pelangaan televisi berbayar.

Resensi program televisi berbayar yang diterima ANTARA, Minggu, menyebutkan, acara "Top Chef: Just Desserts" akan menayangkan kemampuan ahli masak (chef) dalam membuat hidangan penutup seperti film "Willy Wonka and The Chocolate Factory".

Film ini merupakan tontonan menarik keluarga yang mengisahkan Willy Wonka yang mampu membangun rumah dan perlengkapan di dalamnya menggunakan bahan kue, cokelat, dan kembang gula sehingga dapat langsung dikonsumsi bagi penguunjungnya.

Terinspirasi film ini, Sony akan memberikan tantangan yang sangat berat bagi para chef (tiga diantaranya ahli masak terkenal asal Perancis dan banyak lagi lainnya) untuk  menciptakan ruangan yang serba bisa dimakan.

Kompetisi memasak antar chef pencipta hidangan penutup (dessert) terbaik di Amerika ini akan membawa Anda ke dunia penuh imajinasi, mulai dari gummy bear raksasa, air terjun cokelat, hingga rumah-rumah dari biskuit jahe seperti di kisah-kisah dongeng.

Program ini akan ditayangkan setiap Senin pukul 20:15 WIB mulai 27 Agustus melalui saluran  Sony Entertaintment Television akan menghadirkan karya paling kreatif yang pernah ada di dunia kuliner.

Pakar kuliner Gail Simmons menjadi pemandu acara dan juri, ia didampingi dua juri lainnya: Johnny Iuzzini (Executive Pastry Chef di Restaurant Jean Georges), Dannielle Kyrillos (Contributing Editor di Food Republic) dan chef asal Perancis yang terkenal Hubert Keller.

Yang membuat kompetisi ini berbeda dari musim sebelumnya dan kompetisi memasak lain adalah tantangan-tantangan yang dihadirkan. Top Chef: Just Dessert Musim Kedua tidak lagi memfokuskan pada tingkat kemahiran, tetapi kemampuan para kontestan untuk menciptakan, membuat dan mereka ulang beragam jenis hidangan penutup klasik.

Salah satu tantangan terberat adalah saat para chef  diminta  menciptakan sebuah ruangan yang semuanya bisa dimakan yang terinspirasi dari film tahun 70-an Willy Wonka & The Chocolate Factory  - saat para tokohnya: Charlie Bucket, Veruca Salt, Violet Beauregarde dan Augustus Gloop memasuki ruangan yang semuanya bisa dimakan.

Anda akan menyaksikan bagaimana para chef  membuat wallpaper yang bisa dimakan, air terjun cokelat, permen yang tumbuh dari pepohonan, dan juga akan hadir  empat pemain asli dari film Willy Wonka and The Chocolate Factory yang akan menghidupkan kembali suasana film tersebut.

Saksikan betapa mereka tercengang saat tiga dewa pastry di Perancis: Jacques Torres (Mr. Chocolate), Sebastien Cannone (salah satu pendiri The French Pastry School), dan Stephane Treand (terkenal atas karya-karya pahatan gulalinya) - masuk ke dapur Top Chef: Just Desserts. Ketiga pria ini dikenal sebagai Meilleurs Ouvriers de France (MOF) atau "Best Craftman in France" bidang Pastry Chef.

MOF merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden Perancis kepada individu-individu terbaik dari berbagai profesi di Perancis.

Untuk menjadi seorang MOF, para pastry chef harus melalui rangkaian pelatihan yang keras berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum berkualifikasi mengikuti kompetisi ini, status MOF berlaku seumur hidup dan saat sudah memegang titel ini, mereka tidak boleh megikuti kompetisi.

Melalui bimbingan ketiga ahli, para kontestan  seolah mengikuti simulasi kompetisi bergengsi MOF dalam skala kecil serta ditempa menguasai beberapa jenis keterampilan untuk membuat pahatan gula-gula, roti, hidangan cuci mulut sepinggan, bon bon dan Entremet (mouse cake berlapis).

Tak hanya itu, Top Chef: Just Dessert juga menampilkan episode-episode lain yang seru, contohnya saat menangani klien-klien besar seperti Los Angeles Philharmonic, bintang The Real Housewives of Beverly Hills  Lisa Vanderpump, juri tamu Adam ?Ad-Rock? Horovitz dari Beastie Boys, Pastry Chef terkenal Francois Payard, dan chef kondang Cat Cora.

Pemenang selain akan menyandang titel Top Chef, juga mengantongi hadiah uang 100.000 dolar AS, profil di majalah Food & Wine dan sesi unjuk kebolehan di ajang Annual Food and Wine Cayman Cookout.

Sejumlah imbalan sebagai juara ini akan membuat kompetisi antar 14 peserta pastinya akan berlangsung ketat.

Sony Entertainment Television (SET) dapat disaksikan melalui Indovision ch. 160, Aora ch. 418, dan First Media ch. 170.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012