Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) meminta pemerintah Kota Serang membangun sistem jaringan jalan dan transportasi yang baik sebagai persyaratan dasar untuk mendukung pertumbuhan daerah, menunjang fungsi kota sebagai pusat pertumbuhan dan mendorong pemerataan pembangunan di daerah itu.

"Pembangunan prasarana dan sarana kota agar terus ditingkatkan, khususnya pembangunan fasilitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur," kata Wahidin Halim dalam sambutan pada peringatan Hari Jadi Kota Serang yang ke-14 yang disampaikan Asda I Pemprov Banten Septo Kalnadi di Serang, Selasa.

Baca juga: Ratu Tatu: Banten miliki empat UDD pelayanan donor plasma konvalesen

Pemerintah Provinsi Banten telah mengusulkan pembangunan infrastruktur strategis di pusat Kota Serang kepada Pemerintah Pusat. Salah satunya adalah pembangunan fly over di ruas Jalan Sudirman Kota Serang yang diharapkan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di perlintasan kereta api yang merupakan akses utama keluar masuk Kota Serang.

Menurut dia, Kota Serang  sebagai  etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten harus tumbuh lebih maju

Selain sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, kata  dia,  Kota Serang juga sebagai penyangga Pemerintah Provinsi Banten.

Pada kesempatan itu, ia juga  mengajak seluruh elemen untuk memaknai Hari Jadi Kota Serang yang ke-14 di tengah Pandemi COVID-19 sebagai momentum membangun semangat, optimisme serta penerapan nilai-nilai disiplin dan gotong royong yang harus diimplementasikan bersama-sama dalam kehidupan masyarakat.

Gubernur mengajak seluruh masyarakat Banten untuk bahu membahu, saling tolong menolong di tengah pandemi COVID-19. 

“Gerakan swadaya masyarakat, alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat bersama perguruan tinggi, pemerintah daerah, industri, civil society dan media  massa, saya harapkan dapat saling menguatkan,” katanya.

Pemerintah Provinsi Banten, juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk membangun sikap optimisme meningkatkan edukasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran  COVID-19 di wilayah Provinsi Banten. 

"Semoga pandemi COVID-19 segera berakhir agar masyarakat dapat kembali menjalani rutinitas dengan aman dan produktif," katanya.

Ia mengatakan, Hari Jadi ke-14 Kota Serang harus dijadikan sarana bagi seluruh pihak untuk berintrospeksi sejauh mana kemajuan daerah telah tercapai serta berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat di Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten.. 

Di ulang tahunnya kali ini, Pemerintah Kota Serang juga diharapkan dapat melakukan berbagai upaya membangun kota berbasis identitas atau dikenal dengan istilah program 'city branding' yang berbasis pada identitas dan kultur daerah Kota Serang dalam rangka mempromosikan Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten. 

Sementara itu Walikota Serang Syafrudin mengungkapkan peringatan hari ulang tahun ke-14 Kota Serang sebagai momentum mengingat masa lalu untuk menatap tantangan masa depan. 

“Kota Serang turun dari PPKM Level 4 ke Level 3. Meski demikian, mobilitas warga harus ditekan namun tetap mendorong warga masyarakat Serang untuk tetap produktif," kata Syafrudin.

 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021