Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji terkesima dan mengapresiasi dengan banyaknya pasien komorbid (kanker) di Kab. Tangerang yang divaksin COVID-19.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, Linda Gumelar dan Ketua TP PKK Yuli Zaki Iskandar meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pasien penderita / penyintas kanker dan umum di The Springs Club Summarecon Kec. Pagedangan Kab. Tangerang, Minggu.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji mengatakan bahwa secara keseluruhan ada 1.300 peserta yang mendaftar secara online. Dari jumlah itu, sebagiannya berjumlah 700 peserta merupakan pasien komorbid dengan berbagai penyakit bawaan seperti kanker.

"Ini sesuatu yang luar biasa, karena pagi ini di Kab. Tangerang sebanyak 700 orang itu adalah pasien kanker (komorbid) yang berani datang ke sini untuk melaksanakan vaksin," ujar Mulyo Aji dalam keterangan tertulis, Selasa.

Menurut dia, antusiasme kehadiran pasien komorbid kali ini memang cukup besar dibanding pelaksanaan di lokasi lain seperti yang rutin berlangsung di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta. Tetapi di Kab. Tangerang ini sangat luar biasa sekali.

Sementara itu Bupati Tangerang mengucapkan terima kasih atas kerja sama Kodam Jaya, Pemerintah Kab. Tangerang, Kodim 0510/Tigaraksa, Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), Kementerian Kesehatan, Yayasan Kanker Indonesia, serta Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

"Saya ucapkan terimakasih telah memberikan vaksinasi kepada pasien pasien penyintas kanker, ini merupakan kolaborasi yang baik termasuk dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Kabupaten Tangerang. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik ini semoga ke depan kerjasama ini bisa berlangsung terus," Ucap Zaki.

Ke depan, Bupati Zaki berharap program vaksinasi bagi penderita/penyintas kanker ataupun penyakit-penyakit lainnya bisa juga dilakukan vaksinasi seperti halnya kali ini.

Ketua Peraboi, Walta Gautama menambahkan vaksinasi bagi komorbid khususnya pasien kanker sangat penting dilakukan, sebab risiko kematian akibat terpapar Covid meningkat hingga 6 kali lipat bagi pasien kanker.

"Apabila pasien normal terkena Covid, itu angka kematiannya kira-kira 4 sampai 5 persen. Tapi, pada pasien kanker, data di luar negeri kurang lebih 26 persen," ujarnya.
 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021